Tautan-tautan Akses

AS

Trump Kecam Buku Baru Bob Woodward


Presiden Trump di Sioux Falls, South Dakota, 7 September 2018. (Foto: dok).

Sebuah buku laris baru mengenai Presiden Donald Trump, caranya mengambil keputusan serta pemerintahannya mulai dijual untuk umum hari Selasa (11/9).

"Fear: Trump in the White House" karya wartawan investigatif Bob Woodward berisi pandangan tajam mengenai 20 bulan masa kepresidenan Trump yang kacau.

Buku "Fear" karya Bob Woodward, dipajang di salah satu toko buku di New York, 5 September 2018. (Foto: dok).
Buku "Fear" karya Bob Woodward, dipajang di salah satu toko buku di New York, 5 September 2018. (Foto: dok).

Woodward telah menulis buku mengenai tujuh pemerintahan sebelumnya dan namanya masyhur di dunia jurnalistik hampir lima dekade silam sebagai salah seorang wartawan Washington Post yang laporan investigatifnya mengenai korupsi di Gedung Putih turut menyingkirkan Presiden Richard Nixon dari jabatannya.

Akan tetapi ia memberitahu NBC bahwa sebelum Trump, ia “belum pernah melihat suatu contoh di mana presiden begitu terpisah dari kenyataan mengenai apa yang sedang terjadi.”

Trump mengritik buku tersebut sebelum peluncurannya, dan menyebutnya sebagai “lelucon” dan serangan lain terhadapnya.

Buku itu telah masuk ke peringkat 1 daftar buku terlaris di situs Amazon, tetapi Trump pada akun Twitternya mengatakan bahwa Woodward menggunakan “sumber-sumber anonim dan tak dikenal yang sekarang menyangkalnya. Banyak yang telah tampil mengatakan bahwa kutipan-kutipan pernyataan mereka, seperti halnya buku itu, adalah fiktif. Demokrat tidak sanggup menerima kekalahan. Saya akan menulis buku yang sebenarnya!”

Juru bicara Gedung Putih Sarah Huckabee Sanders menuduh Woodward “sangat ceroboh” memeriksa fakta dalam menulis buku itu. [uh]

XS
SM
MD
LG