Tautan-tautan Akses

AS

Trump Kunjungi Kapal Perang, Janjikan Peningkatan Anggaran Pertahanan


Kapal perang AS USS Gerald R. Ford di pelabuhan pembangunan kapal di Newport News, Virginia. (Foto: Dok)

Presiden AS Donald Trump berjanji meningkatkan anggaran pertahanan ketika ia mengunjungi sebuah galangan kapal Virginia, Kamis (2/3), untuk meninjau kapal induk paling mahal yang pernah dibangun.

Mengenakan jaket dan topi bisbol, Trump memeriksa kapal perang USS Gerald R. Ford yang bernilai US$12,9 milyar dan dikecam karena biayanya terus naik dan penyelesaiannya tertunda-tunda. Namun kini diperkirakan kapal induk itu akan diresmikan penggunaannya tahun ini.

Dalam pidatonya di hadapan sidang Kongres gabungan Selasa malam, Trump mengatakan, "Untuk menjaga keamanan Amerika, kita harus menyediakan alat-alat yang dibutuhkan tentara untuk mencegah perang."

Trump menyebut kapal perang itu sebagai "sebuah monumen kekuatan Amerika yang diperlukan untuk menjamin perdamaian."

Dia juga memeriksa kapal induk itu dan bertemu dengan para pelaut dan pemimpin militer.

Kapal perang bertenaga nuklir itu akan dilengkapi dengan persenjataan, komunikasi dan sistem operasi terbaik di Amerika, menurut pembuatnya, Huntington Ingalls Industries.

Permintaan awal presiden akan menaikkan anggaran Pentagon $54 miliar menjadi lebih dari $600 miliar per tahun. Ia menyebutnya kenaikan yang terbesar dalam sejarah. Trump mengatakan, ia bahkan menginginkan $30 milyar lebih banyak dari itu untuk memperkuat apa yang disebutnya "militer yang telah ketinggalan zaman". [ps/isa]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG