Tautan-tautan Akses

AS

Trump Dukung Aksi Protes Warga dalam Menentang Aturan Karantina


Presiden AS Donald Trump ketika ia berbicara di Gedung Putih di Washington, AS, 17 April 2020. (Foto: Reuters/Leah Millis)

Presiden Trump hari Jumat (17/4) mengirim sejumlah pesan lewat Twitter yang mendukung aksi-aksi demonstrasi di tiga negara bagian untuk menentang peraturan guna mencegah perebakan virus corona.

Dalam tiga pesan Twitter yang dikirm berturut-turut, presiden menulis “BEBASKAN MINNESOTA!, “BEBASKAN MICHIGAN!,” “BEBASKAN VIRGINIA!, dan Selamatkan Amandemen Kedua UUD yang kini sedang mendapat kepungan!.” Tweet yang terakhir itu merujuk pada langkah-langkah pengetatan pemilikan dan penggunaan senjata yang diusulkan oleh para anggota partai Demokrat.

Aksi-aksi protes diadakan di ketiga negara bagian itu untuk menuntut dicabutnya pembatasan pada kegiatan bisnis dan kegiatan masyarakat. Aturan karantina dianggap merusak perekonomian dan melanggar hak-hak pribadi.

Pesan-pesan Twitter Trump itu tampaknya bertentangan dengan petunjuk yang dikeluarkannya kemarin tentang langkah bertahap yang harus dilakukan untuk memulai kembali perekonomian. Para demonstran menghendaki supaya langkah-langkah keamanan itu segera dicabut. [ii/pp]

XS
SM
MD
LG