Tautan-tautan Akses

Pembatasan Lalu Lintas AS-Kanada Masih Berlaku untuk Waktu Lama


Sebuah truk menyeberangi Jembatan Bluewater di perbatasan AS-Kanada antara Sarnia, Ontario, dan Port Huron, Michigan, 16 Maret 2020.

Pembatasan lalu-lintas di perbatasan Kanada dengan Amerika akan terus berlaku “untuk waktu yang cukup lama,” kata Perdana Menteri Justin Trudeau Kamis (16/4).

Trudeau mengumumkan hal itu pada saat kedua negara itu terus sibuk meredam perebakan virus corona.

Amerika dan Kanada bulan lalu sepakat untuk membatasi perjalanan yang tidak perlu antara kedua negara, tapi membiarkan arus lalu lintas perdagangan yang besar antara keduanya.

“Kami sadar bahwa kita harus memikirkan baik-baik tentang hubungan ini, tapi waktunya masih lama sebelum kita bisa berunding untuk melonggarkan peraturan ini,” kata Trudeau dalam keterangan pers hariannya.

Presiden Amerika Donald Trump, Rabu (15/4), mengatakan kedua negara “baik-baik saja”, dan bahwa lalu lintas di perbatasan itu “akan menjadi yang pertama dibuka kembali.”

Perekonomian kedua negara itu saling terkait, dan sangat penting terus membuka jalur perdagangan supaya jangan mengganggu industri mobil, pengangkutan bahan pangan dan obat-obatan. [ii/pp]

XS
SM
MD
LG