Tautan-tautan Akses

Trump Diperkirakan akan Terima Surat Pribadi dari Kim Jong-un


Kim Yong Chol, mantan kepala intelijen militer Korea Utara dan salah satu pembantu terdekat Kim Jong Un (kiri) dan Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo berpose untuk gambar sebelum pertemuan, Kamis, 31 Mei 2018, di New York. (Foto AP / Seth Wenig)

Presiden Amerika Donald Trump, Jumat ini (1/6) siap menerima surat pribadi dari pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un menjelang persiapan pertemuan puncak yang kemungkinan berlangsung bulan ini antara kedua orang itu.

Trump diperkirakan akan menerima surat tersebut dari pejabat senior Korea Utara Kim Yong Chol, yang sedang berada di Washington. Kim Yong Chol adalah pejabat tertinggi Korea Utara yang mengunjungi Amerika Serikat dalam kurun hampir 20 tahun. Perkembangan ini terjadi sehari setelah Menteri Luar Negeri Mike Pompeo mengatakan ada “kemajuan nyata” yang dicapai dalam diskusi untuk menghidupkan kembali rencana pertemuan puncak 12 Juni.

“Kami membuat kemajuan nyata dalam 72 jam dalam menetapkan persyaratan-persyaratan,” kata Pompeo dalam konferensi pers setelah bertemu dengan Kim Yong Chol. Ia menambahkan, “Masih ada banyak tugas yang harus dilakukan.”

Pompeo mengatakan ia meyakini Korea Utara sedang mempertimbangkan suatu jalur strategis baru ke depannya, tetapi ia memperingatkan bahwa negara itu seharusnya “memilih jalur yang secara fundamental berbeda” untuk mencapai keamanan, yang berarti denuklirisasi secara tuntas, dapat diverifikasi dan tidak dapat diubah lagi.

Pompeo dan Kim Yong Chol bertemu di sebuah apartemen yang disewa pemerintah Amerika di dekat PBB. Mereka berbicara sambil makan malam dengan hidangan bistik hari Rabu dan roti croissant cokelat pada Kamis pagi. Kedua orang ini telah dua kali bertemu sebelumnya di Pyongyang. [uh]

XS
SM
MD
LG