Tautan-tautan Akses

Trump Dijadwalkan Hadiri Sidang Dakwaan Federal Kasus Penanganan Dokumen Rahasia


Para pendukung Donald Trump berkumpul di luar resor milik Trump di Doral, Florida, pada 12 Juni 2023. Mereka menunggu kedatangan sang mantan presiden ke resor tersebut. (Foto: AP/Gerald Herbert)
Para pendukung Donald Trump berkumpul di luar resor milik Trump di Doral, Florida, pada 12 Juni 2023. Mereka menunggu kedatangan sang mantan presiden ke resor tersebut. (Foto: AP/Gerald Herbert)

Mantan Presiden Donald Trump tiba di klub golfnya di luar Miami pada Senin (12/6) menjelang pembacaan dakwaan terhadap dirinya atas tuduhan yang berasal dari dugaan kesalahan penanganan dokumen keamanan nasional rahasia setelah dia meninggalkan Gedung Putih pada tahun 2021.

Sidang dakwaan tersebut, yang dijadwalkan dimulai pada pukul 3 sore waktu setempat pada Selasa (13/6), akan berlangsung di bawah pengamanan ketat di ruang sidang federal di pusat kota Miami.

Otoritas federal telah meningkatkan keamanan di sekitar gedung pengadilan, dan para pejabat Miami mengatakan mereka siap untuk mencegah timbulnya kekerasan baik dari pendukung Trump maupun demonstran saingannya.

“Di kota kami, kami jelas percaya pada konstitusi dan percaya bahwa orang harus memiliki hak untuk mengekspresikan diri,” kata Wali Kota Miami Francis Suarez pada konferensi pers. “Tapi kami juga percaya pada hukum dan ketertiban. Dan kami tahu itu, dan kami berharap besok akan damai.”

Jelang Dakwaan Kriminal Kedua, Trump Kampanye untuk Pemilu 2024
mohon tunggu

No media source currently available

0:00 0:03:08 0:00

Kehadiran Trump di pengadilan berlangsung tepat lima hari setelah dewan juri federal di Miami mendakwanya dengan 37 dakwaan kriminal, termasuk 31 dakwaan yang menuduhnya “dengan sengaja menyimpan” dokumen pertahanan nasional rahasia yang melanggar Undang-undang Spionase.

Seorang pembantu Trump, Walt Nauta, juga didakwa menghalangi upaya pemerintah untuk mengambil kembali dokumen-dokumen tersebut.

Trump adalah mantan presiden pertama yang menghadapi dakwaan federal. Dakwaan di Florida adalah dakwaan kedua bagi sang mantan presiden dalam dua bulan terakhir.

Pada sidang hari Selasa, seorang hakim akan memberi tahu Trump tentang hak-haknya dan membacakan dakwaan terhadapnya. Dia diperkirakan akan menyatakan bahwa dirinya tidak bersalah. [lt/rs]

Forum

XS
SM
MD
LG