Tautan-tautan Akses

Trump Desak Departemen Kehakiman AS Selidiki Penulis Kritik Anonim di NYT


Presiden AS Donald Trump (kiri) dan Jaksa Agung Jeff Sessions (foto: dok).
Presiden AS Donald Trump (kiri) dan Jaksa Agung Jeff Sessions (foto: dok).

Presiden Amerika Donald Trump mendesak Departemen Kehakiman untuk menyelidiki penulis kritik anonim di suratkabar New York Times, yang mempertanyakan kemampuannya menduduki jabatan presiden.

Trump menyebut “keamanan nasional” sebagai alasan penyelidikan itu dan meminta Jaksa Agung Jeff Sessions untuk membuka penyelidikan tentang hal tersebut.

Sejumlah pejabat tinggi pemerintahan Trump hari Kamis (6/9) membantah kritik yang disampaikan dalam artikel itu dan sekaligus membantah membuat artikel tersebut.

Penulis artikel opini, yang digambarkan New York Times sebagai seorang pejabat tinggi senior dalam pemerintahan Trump, mengecam “amoralitas” Trump dan gaya kepemimpinannya. Pejabat itu mengatakan ada sejumlah orang di dalam pemerintahan itu yang bekerja secara diam-diam untuk menggagalkan bagian-bagian agenda presiden dan “kecenderungan terburuknya.”

Suratkabar itu mengeluarkan pernyataan bahwa pihaknya yakin Departemen Kehakiman AS “tidak akan ikut serta dalam penyalahgunaan kekuasaan pemerintah secara terang-terangan itu.” [em]

Simak Video: Pemerintahan Trump Diguncang "Perlawanan Orang Dalam"

XS
SM
MD
LG