Tautan-tautan Akses

Trump dan Wakil PM China akan Bertemu


Wakil Perdana Menteri China Liu He berbicara dengan Presiden Donald Trump di Ruang Oval di Gedung Putih, di Washington, 4 April 2019.
Wakil Perdana Menteri China Liu He berbicara dengan Presiden Donald Trump di Ruang Oval di Gedung Putih, di Washington, 4 April 2019.

Presiden AS Donald Trump akan bertemu dengan Wakil Perdana Menteri China Liu He di Gedung Putih pada Jumat (11/10), di tengah antisipasi bahwa paling sedikit sebuah kesepakatan perdagangan parsial akan tercapai di antara kedua negara.

“Kami melewati sebuah perundingan sangat baik dengan China,” kata Trump setelah berlangsung perundingan satu hari antara Liu dan Utusan Perdagangan Amerika Robert Lighthizer pada Kamis (10/10).

Ini merupakan pembicaraan perdagangan tingkat senior pertama antara Amerika dan China sejak Juli.

Tiga bulan sesudahnya, China dan Amerika melanjutkan perang tarif atas produk bernilai miliaran dolar. Amerika juga memberlakukan pembatasan visa dan penalti lain terhadap China terkait perlakuan terhadap minoritas Muslim.

Kata Trump, tarif Amerika terhadap impor China telah memperlamban pertumbuhan ekonomi China dan katanya, Beijing ingin mencapai kesepakatan.

Liu tidak bersedia memberi komentar kepada reporter pada Kamis (10/10). Tetapi kantor berita Xinhua mengutip dia mengatakan, “pihak China datang dengan ketulusan, bersedia bekerja sama dengan Amerika untuk menyeimbangkan perdagangan, akses pasar, dan perlindungan investor.” [jm/pp]

XS
SM
MD
LG