Tautan-tautan Akses

Trump dan Putra Mahkota Saudi Koordinasikan Penyelidikan Penembakan di Pangkalan Laut AS


Presiden AS Donald Trump berbicara dengan Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman pada KTT G-20 di Osaka, Jepang, 28 Juni 2019. (Foto: Reuters)
Presiden AS Donald Trump berbicara dengan Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman pada KTT G-20 di Osaka, Jepang, 28 Juni 2019. (Foto: Reuters)

Presiden AS Donald Trump dan Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman bertekad untuk bekerja sama dalam menyelidiki penembakan di Pangkalan Angkatan Laut AS di Florida, Jumat (6/12), yang menewaskan tiga orang.

Kedua pemimpin berbicara di telepon, Minggu malam (8/12), tentang serangan itu, yang dilakukan oleh seorang peserta pelatihan militer dari Saudi.

"Putra Mahkota menegaskan komitmen Arab Saudi bekerja sama dengan Amerika untuk mencegah terjadinya lagi serangan mengerikan seperti penembakan di Pensacola itu," kata Gedung Putih dalam pernyataan, dan menambahkan Trump mengucapkan terima kasih atas bantuan Putra Mahkota dan "berlanjutnya kemitraan."

FBI secara resmi mengidentifikasi penembak yang menewaskan tiga orang itu sebagai Mohammed Alshamrani, usia 21 tahun, berpangkat letnan dua dalam Angkatan Udara Kerajaan Saudi. Ia juga siswa perwira AL di Sekolah Penerbangan AL di Naval Air Station Pensacola.

Pejabat-pejabat FBI mengatakan, penyelidikan atas insiden itu dilakukan dengan "anggapan" bahwa itu adalah tindakan terorisme, tetapi pelaku penembakan itu tampaknya bertindak sendiri.

Pihak berwenang masih mencari motif mengapa ia mengamuk dan melukai delapan lainnya. [ps/ka]

XS
SM
MD
LG