Tautan-tautan Akses

Trump dan Modi Bahas Perjanjian Perdagangan Penting


Presiden AS Donald Trump (tengah) didampingi ibu negara Melania Trump dan PM India Narendra Modi di Gedung Hyderabad, New Delhi, India, 25 Februari 2020. (AP Photo/Alex Brandon)

Presiden AS Donald Trump dan PM India Narendra Modi, Selasa (25/2) menyatakan kedua negara sedang membahas perjanjian perdagangan penting, setelah mereka mengadakan pembicaraan di New Delhi pada hari terakhir lawatan Trump ke India.

“Tim kami telah membuat kemajuan luar biasa mengenai perjanjian perdagangan komprehensif, dan saya optimistis kami dapat mencapai kesepakatan yang sangat penting bagi kedua negara,” kata Trump.

Ia mengumumkan dituntaskannya kesepakatan mengenai pembelian helikopter dan perangkat militer lainnya bernilai 3 miliar dolar oleh India dari AS, dan menyatakan kedua negara memperluas kerjasama dalam kontraterorisme, keamanan siber dan keamanan laut.

Trump menyatakan hubungan AS-India “benar-benar lebih kuat daripada sebelumnya.”

Modi memberi pujian serupa, dengan mengatakan Trump secara substansial meningkatkan perdagangan antara kedua negara dan meningkatkan hubungan ke level yang tinggi.

Modi juga mengatakan ia dan Trump mengadakan pembicaraan yang produktif mengenai berbagai aspek penting dalam kemitraan kedua negara, termasuk dalam hal pertahanan dan keamanan, energi dan kerjasama teknologi.

Sebelum Trump dan Modi berbicara, para pejabat India mengumumkan memorandum kesepahaman mengenai kesehatan jiwa dan keamanan produk-produk medis, serta kerjasama mengenai minyak.

Sebelumnya, Modi dan Presiden Ram Nath Kovind menerima Trump dalam suatu upacara di istana kepresidenan India sebelum Trump dan istrinya, Melania, mengikuti acara peletakan karangan bunga di monumen untuk Mahatma Gandhi. [uh/ab]

XS
SM
MD
LG