Tautan-tautan Akses

Trump Umumkan Kesepakatan Militer dengan India


PM India Narendra Modi yang tersenyum saat Presiden AS Donald Trump (kanan) menyampaikan sambutan di Stadion Sardar Patel di Motera, luar Ahmedabad, India, 24 Februari 2020.

Presiden Donald Trump mengatakan, Senin (24/2), AS akan menandatangani sebuah kesepakatan untuk menjual sejumlah helikopter dan peralatan militer lain ke India senilai 3 miliar dolar.

Pengumuman itu dikeluarkan sewaktu Trump berbicara di hadapan massa yang menyambutnya di kota Ahmedabad. Lebih dari 100.000 orang berkumpul untuk mendengarkan pidato Trump dan pidato PM India, Narendra Modi.

Sebelum kunjungan itu, Trump mengatakan kesepakatan dagang besar antara kedua negara bukanlah bagian dari lawatannya kali ini. Namun, dalam pidatonya, ia menjanjikan bahwa kedua negara akan membuat sejumlah kesepakatan dagang terbesar dan mengatakan bahwa ia optimistis bahwa dirinya dan Modi dapat mencapai kesepakatan yang menguntungkan untuk kedua belah pihak.

Presiden memulai pidatonya dengan menyampaikan salam khas India, "Namaste," dan mengatakan bahwa India akan selalu memiliki tempat khusus di hati masyarakat Amerika. Ia dan dan Modi saling memuji hubungan AS-India, dan satu sama lain.

"Amerika mencintai India. Amerika menghormati India. Dan Amerika akan selalu setia kepada rakyat India,” kata Trump. Ia juga memuji India sebagai sebauh sebuah demokrasi yang berhasil dan berkomitmen untuk bekerja sama memerangi terorisme.

Setelah acara sambutan di stadion di Ahmedabad, dan sebelum melakukam perjalanan ke New Delhi, presiden dan ibu negara melakukan lawatan singkat ke tempat wisata paling terkenal di negara itu, Taj Mahal. [ab/uh]

XS
SM
MD
LG