Tautan-tautan Akses

Kepala Bank Pembangunan Amerika Utara Jadi Dubes Meksiko di AS


Geronimo Gutierrez (depan, kiri) saat menjadi utusan Kementerian Luar Negeri Meksiko untuk Amerika Utara dalam penandatanganan kerjasama di Departemen Tenaga Kerja AS, Washington, 21 JUli 2014 (Foto: dok). Geronimo Gutierrez Fernandez, ditunjuk menjadi Duta Besar Meksiko untuk Amerika Serikat, Jumat (13/1).

Geronimo Gutierrez Fernandez, yang pengangkatannya memerlukan ratifikasi Senat Meksiko, akan menghadapi janji Trump untuk membangun tembok perbatasan dan mengusir ribuan imigran gelap.

Geronimo Gutierrez Fernandez, pimpinan Bank Pembangunan Amerika Utara, akan menjadi duta besar baru Meksiko di Washington.

Kementerian Luar Negeri Meksiko mengeluarkan pengumuman itu hari Jumat dalam pernyataan yang juga mengatakan duta besar Meksiko yang sekarang di Amerika Serikat, Carlos Manuel Sada Solana, akan menjadi Dirjen urusan Amerika Utara Kementerian Luar Negeri.

Sada akan mewakili Meksiko dalam pelantikan Presiden-terpilih Amerika Donald Trump tanggal 20 Januari.

Gutierrez, yang pengangkatannya memerlukan ratifikasi Senat Meksiko, akan menghadapi janji Trump untuk membangun tembok perbatasan dan mengusir ribuan imigran gelap.

Sebelum menjadi pimpinan Bank Pembangunan Amerika Utara, Gutierrez menjabat sebagai wakil menteri luar negeri urusan Amerika Utara dan Wakil Menteri Luar Negeri urusan Amerika Latin dan Karibia. Ia juga pernah menjabat wakil menteri dalam negeri.

Gutierrez pernah sebagai direktur Bank Pembangunan Amerika Utara di San Antonio, Texas, sejak tahun 2010. Bank tersebut menawarkan pinjaman suku bunga rendah untuk proyek-proyek yang bertujuan untuk meningkatkan keadaan lingkungan dan hidup di daerah-daerah perbatasan Amerika-Meksiko.

Bank tersebut dibentuk berdasarkan Persetujuan Perdagangan Bebas Amerika Utara, NAFTA, dan memulai operasi bulan November tahun 1994 dengan modal dari kedua negara. Trump telah mengatakan ia ingin merundingkan kembali persetujuan NAFTA tersebut. [gp]

XS
SM
MD
LG