Tautan-tautan Akses

Trump Berlakukan Tarif terhadap Baja, Alumunium dari Brazil dan Argentina


Presiden Amerika Donald Trump

Presiden Amerika Donald Trump mengatakan akan memberlakukan tarif terhadap Brazil dan Argentina, menuduh kedua negara itu telah merugikan para petani Amerika lewat penipuan mata uang.

Trump hari Senin (2/12) mencuit bahwa ia akan mengenakan tarif terhadap impor baja dan alumunium dari kedua negara di Amerika Selatan itu. Pernyataan itu mengejukan para pejabat di kedua negara tersebut.

“Brazil dan Argentina telah melakukan devaluasi mata uang mereka secara besar-besaran. Ini tidak baik bagi petani kita. Oleh karena itu, segera berlaku, saya akan memberlakukan tarif pada seluruh baja dan alumunium yang dikirim ke Amerika dari negara-negara itu,” cuitnya.

Dua negara di Amerika Selatan itu adalah di antara sekelompok negara yang telah dibebaskan dari tarif ini pada Maret 2018, setelah mereka menyetujui kuota.

Pemerintah Brazil dalam pernyataannya mengatakan sudah membahas hal ini dengan Amerika. Presiden Jair Bolsonaro, yang telah menunjukkan dukungan kuat pada Trump, dalam wawancara dengan stasiun radio lokal hari Senin mengatakan akan menelpon Trump, dan bahwa ia yakin Trump akan mendengar keprihatinan Brazil.

Sementara Menteri Produksi Argentina, Dante Sica, menyebut pengumuman Trump itu “tidak terduga” dan mengatakan akan berupaya menghubungi pejabat-pejabat Amerika.

Brazil dan Argentina telah mengambil keuntungan dari dampak perang dagang Amerika dan China, dengan meningkatkan ekspor barang-barang pertanian mereka ke China. (em/ii)

Lihat komentar

Recommended

XS
SM
MD
LG