Tautan-tautan Akses

AS

Trump Berjanji Lengkapi Persediaan Medis Nasional


Presiden Donald Trump mengunjungi distributor peralatan medis Owens & Minor di Allentown, Pennsylvania, 14 Mei 2020.

Presiden Donald Trump, Kamis (14/5), mengatakan ingin mempersiapkan negara menghadapi pandemi di masa depan dengan melengkapi persediaan nasional dan memulihkan pabrik-pabrik penting di Amerika Serikat (AS).

"Bukankah itu baik ?" kata Trump ketika berkunjung ke distributor peralatan kesehatan di Pennsylvania. "Tujuan saya adalah memproduksi sendiri segala kebutuhan warga Amerika dan kemudian mengekspor ke dunia, termasuk obat-obatan."

Kunjungan itu merupakan perjalanan kedua Trump ke luar Washington dalam beberapa minggu, setelah berupaya meyakinkan publik bahwa sudah waktunya AS membuka diri lagi, meskipun virus terus menyebar.

Pernyataan Trump disampaikan ketika pelapor federal, Rick Bright, Kamis (14/5), bersaksi di depan panel DPR mengenai upayanya yang berulang kali untuk memulai produksi masker respirator Amerika, yang katanya tidak ditanggapi.

Gubernur Pennsylvania Tom Wolf, seorang Demokrat, mendapat tekanan kuat untuk melonggarkan pembatasan virus corona setelah secara efektif menangkal wabah di negara bagian itu lebih awal, ia menghadapi tentangan dari Partai Republik terkait perintahnya untuk tinggal di rumah dan penutupan bisnis.

Sejumlah county (setingkat kabupaten) telah mengancam untuk menentang perintahnya sementara beberapa pemilik bisnis sudah membuka kembali bisnisnya meskipun ada peringatan.

Trump menambah tekanan itu pada sambutannya dengan mengatakan "Kita harus membuat Gubernur Pennsylvania mulai sedikit membuka diri." Trump mengklaim beberapa tempat di negara bagian itu "nyaris tidak terimbas."

Presiden tiba di Allentown dalam kunjungan yang menyerupai kampanye untuk menyoroti distributor peralatan medis AS yang membantu membuat dan mengirim pakaian medis, sarung tangan, dan peralatan pelindung pribadi lainnya ke seluruh negeri untuk membantu penanganan virus corona.

Trump tidak mengenakan masker ketika keluar dari pesawat kepresidenan Air Force One. [my/pp]

XS
SM
MD
LG