Tautan-tautan Akses

AS

Trump Beri Masukan Atas Pernyataan Putranya Tentang Pertemuan Dengan Pengacara Rusia


Donald Trump, saat menjadi kandidat presiden Partai Republik, dan anaknya Donald Trump Jr. menghadiri Konvensi Nasional Partai Republik di Cleveland 20 Juli 2016. (Foto:dok)

Presiden Donald Trump ikut menyusun sebuah pernyataan yang dikeluarkan atas nama putranya bulan lalu, tentang pertemuan antara Donald Trump Junior dan beberapa pejabat kampanye Trump dengan seorang pengacara Rusia.

Tapi kata Juru Bicara Gedung Putih Sarah Huckabee Sanders, presiden tidak mendiktekan isi pernyataan itu, yang kemudian ternyata tidak benar.

Sanders mengatakan pada wartawan, bahwa Trump, yang sedang dalam penerbangan pulang ke Amerika dari kunjungan di Jerman tanggal 8 Juli, “ikut memberikan pendapat seperti yang dilakukan seorang ayah dimanapun, berdasarkan informasi terbatas yang dipunyainya.”

Kata Sanders lagi, Trump ikut menyiapkan pernyataan itu yang kemudian dirilis oleh putranya. Pernyataan itu mengatakan bahwa Trump Junior “umumnya” hanya membahas tentang adopsi anak-anak Rusia oleh warga Amerika dalam pertemuan dengan pengacara Rusia bulan Juni tahun lalu, ketika sedang berlangsung kampanye pemilihan presiden Amerika.

Tapi beberapa hari kemudian, setelah mendapat banyak pertanyaan tentang pernyataan itu, Trump Junior merilis rangkaian email yang menunjukkan bahwa team kampanye Trump bertemu dengan sekelompok orang Rusia untuk membahas ”informasi negatif” tentang saingan Trump, Hillary Clinton.

Seorang perantara pengacara Rusia Natalia Veselnitskaya telah menjanjikan, pengacara itu akan menyerahkan sejumlah informasi yang negatif tentang Clinton.

Trump Junior dengan antusias setuju mengadakan pertemuan dengan pengacara itu dan mengatakan ia akan “sangat senang” kalau bisa mendapatkan bahan-bahan yang akan menghancurkan harapan Clinton untuk menjadi presiden. (ii)

XS
SM
MD
LG