Tautan-tautan Akses

AS

Trump: Belum Ada Rencana Pecat Pejabat yang Monitor Penyelidikan Rusia


Wakil Jaksa Agung AS, Rod Rosenstein

Presiden Amerika Donald Trump mengatakan ia belum berencana memecat Wakil Jaksa Agung Rod Rosenstein, yang memonitor penyidikan jaksa penyidik khusus Robert Mueller terhadap campur tangan Rusia pada pemilu presiden 2016 dan apakah Trump telah menghalangi keadilan dengan berupaya menggagalkan penyelidikan tersebut.

Ketika meninggalkan Gedung Putih untuk berpidato di Florida hari Senin (8/10) dimana ia akan terbang bersama Rosenstein dengan pesawat kepresidenan Air Force One, Trump mengatakan kepada wartawan bahwa ia memiliki “hubungan yang sangat baik” dengan orang nomor dua di Departemen Kehakiman itu.

Pemimpin Amerika itu sesekali menyerang cara Rosenstein menangani penyelidikan yang dilakukan Mueller. Trump mengatakan ia tidak kenal Rosenstein sebelum menjadi presiden, tetapi mengatakan “saya sudah mengenalnya dan saya akan berteman baik dengannya.”

Trump dan Rosenstein bertemu selama sekitar setengah jam di pesawat kepresidenan, dimana kemudian seorang juru bicara Gedung Putih mengatakan itu berarti Rosenstein tidak dipecat. (em)

XS
SM
MD
LG