Tautan-tautan Akses

Trump Bela Keterampilan Negosiasinya dan Doral


Presiden Amerika Serikat Donald Trump di sela-sela KTT G7 di Perancis, 26 Agustus 2019. (Foto: Reuters)

Presiden Amerika Serikat Donald Trump yang tampaknya tidak menghiraukan keprihatinan mengenai ketidakstabilan ekonomi global, pada Senin (26/8) membela caranya dalam memaksakan kesepakatan perdagangan dari China. Ia mengatakan cara negosiasinya ternyata sukses dalam bisnis.

Pada konferensi pers yang mengakhiri keikutsertaan Trump dalam KTT G7 di Perancis, Trump ditanya mengenai gaya negosiasinya di mana ia pada satu kesempatan memuji Presiden China Xi Jinping tapi pada kesempatan lain mencercanya.

"Maaf, itulah cara saya bernegosiasi," kata Trump tanpa penyesalan. Ia mengatakan berbagai tarif pajak AS sangat merugikan China, sehingga Beijing tidak akan punya pilihan selain membuat perjanjian perdagangan dengan Amerika.

Trump juga membela pemerintahannya dalam mempertimbangkan lapangan golf privatnya di Miami sebagai tempat potensial untuk KTT G7 tahun depan.

Ia memuji lapangan golf Trump National Doral sebagai "tempat yang tepat," dengan menggembar-gemborkan luas dan kedekatan lokasi itu dengan bandara, restoran-restoran serta menyebut pemandangan bungalownya luar biasa dan indah.

Meski demikian Presiden Trump mengklaim tidak akan "diuntungkan" dari KTT itu meskipun ia masih mendapat keuntungan dari klub-blub golfnya. Trump juga tanpa bukti berkeras bahwa menjadi presiden akan merugikannya 3 sampai AS$5 miliar, meskipun angka itu tampaknya sangat tinggi. [my/pp]

Lihat komentar (1)

Forum ini telah ditutup.
XS
SM
MD
LG