Tautan-tautan Akses

Trump: AS Tak akan Bayar Biaya Keamanan Harry dan Meghan


Pangeran Harry dan istrinya, Meghan, menghadiri upacara Hari Persemakmuran di Westminster Abbey, London, 9 Maret 2020. (Foto: AFP)

Presiden Donald Trump, Minggu (29/3), mengatakan Amerika Serikat tidak akan membayar biaya keamanan untuk Pangeran Harry dan istrinya, Meghan. Pernyataan Trump tampaknya membenarkan kabar bahwa pasangan Kerajaan Inggris itu sudah pindah ke California.

Dilansir kantor berita AFP, pasangan itu dikabarkan terbang dari Kanada ke Los Angeles dengan menggunakan pesawat jet pribadi sebelum perbatasan antara kedua negara itu ditutup karena wabah virus corona (COVID-19) yang mematikan.

Pasangan itu, yang sempat tinggal di Kanada selama beberapa bulan, mengguncang keluarga kerajaan dengan keputusan mereka untuk tidak mewakili monarki tersebut. Dalam pengumuman awal tahun ini, mereka mengatakan ingin menjalani kehidupan baru yang mandiri.

“Saya teman baik dan pengagum Ratu dan Inggris Raya,” kata Trump melalui cuitan di Twitter.

“Menurut laporan Harry dan Meghan, yang meninggalkan Inggris, akan menetap di Kanada. Sekarang mereka meninggalkan Kanada ke Amerika Serikat. Namun, AS tidak akan membayar biaya perlindungan mereka. Mereka harus bayar sendir.!”

Namun, juru bicara pasangan tersebut, seperti dikutip oleh beberapa media, mengeluarkan pernyataan bahwa mereka tidak berniat meminta bantuan dari Washington.

“Pengaturan keamanan yang dibiayai secara pribadi sudah dibuat,” menurut pernyataan tersebut, menurut koran Washington Post.

Meghan tumbuh dewasa di Los Angeles dan ibunya, Doria Ragland, masih tinggal di kota itu.

Pasangan Duke dan Duchess of Sussex akan resmi mundur dari tugas-tugas kerajaan pada 31 Maret. [ft/au]

Recommended

XS
SM
MD
LG