Tautan-tautan Akses

AS

Trump akan Tinjau Kebakaran Hutan di California


Presiden Donald Trump menjawab pertanyaan media di Gedung Putih, sebelum bertolak ke California, 17 November 2018.

Presiden Amerika Donald Trump hari Sabtu (17/11) mengatakan kehancuran dahsyat akibat meluasnya kebakaran hutan di California dapat dicegah jika para pejabat negara bagian itu bertindak secara lebih bertanggung jawab.

Pernyataan itu disampaikannya beberapa menit sebelum memulai perjalanan ke California untuk melihat dari dekat kehancuran yang terjadi dan bertemu dengan sejumlah pejabat setempat dan mereka yang terdampak musibah itu.

“Kita akan bicara tentang pengelolaan hutan. Saya sudah sejak lama menyampaikan tentang hal ini. Situasinya akan sangat berbeda tetapi yang penting semua tahu apa yang kita lakukan dan tidak ada keraguan tentang hal ini. Saya pikir kini semua orang berada di arah yang benar. Ini masalah besar,” ujar Trump kepada wartawan di Gedung Putih sebelum berangkat.

Lawatan Trump ini hanya berselang satu minggu setelah ia awalnya menyalahkan pejabat-pejabat di negara bagian California terhadap kebakaran hutan itu, dan mengancam tidak akan mengeluarkan anggaran untuk membantu operasi penanggulangan musibah itu.

Tweet Trump ketika itu sama sekali tidak menyebut soal situasi kekeringan yang terjadi di sebagian besar California, yang oleh banyak ilmuwan disebut sebagai dampak perubahan iklim.

Gubernur California yang sudah hampir habis masa jabatannya, Jerry Brown, dan gubernur terpilih yang baru Gavin Newsom, akan ikut mendampingi Trump meninjau kerusakan di bagian utara dan selatan California. Trump juga akan bertemu dengan sejumlah petugas pemadam kebakaran dan petugas darurat lainnya. [em]

XS
SM
MD
LG