Tautan-tautan Akses

AS

Trump akan Gunakan AS$3,8 Miliar Dana Militer untuk Tembok Perbatasan


Mobil Dinas Bea Cukai dan Perlindungan Perbatasan di depan tembok perbatasan AS dan Meksiko di Calexico, California, 5 April 2019.

Pemerintahan Presiden Donald Trump mentransfer AS$3,8 miliardana militer yang baru-baru ini disetujui untuk membiayai pembangunan tembok perbatasan Amerika-Meksiko yang telah lama diupayakannya.

Pengiriman dana itu tidak hanya membuat marah tokoh-tokoh partai Demokrat, tetapi juga Republik.

Pentagon, Kamis (13/2/2020), akan mentransfer uang itu dari unit Garda Nasional, pengadaan pesawat dan pembuatan kapal ke rekening anti-narkoba guna membiayai pembangunan tembok baru.

Langkah itu, yang diumumkan dalam dokumen "pemrograman ulang" yang diserahkan kepada anggota Kongres, menuai kritik pedas Mack Thornberry, ketua fraksi Republik Komisi Angkatan Bersenjata dari Texas. Demokrat juga mengecam transfer itu, tetapi Trump tidak menghadapi konsekuensi ketika melakukan transfer serupa tahun lalu.

Tindakan Trump itu dilakukan kurang dari dua bulan setelah ia menandatangani paket alokasi besar menjadi undang-undang. Ia tidak memedulikan anggota Kongres dari kedua fraksi tahun lalu ketika mengalihkan dana dari proyek-proyek yang populer di pangkalan militer.

Anggaran fiskal 2021 Trump, yang baru dirilis pada Senin (10/2/2020) kemarin, berisi permintaan AS$2 miliar untuk tembok perbatasan, kurang dari jumlah yang diminta Trump tahun lalu. [ka/ii]

Lihat komentar (1)

XS
SM
MD
LG