Tautan-tautan Akses

Trump akan Cabut Surat Izin Keamanan Tingkat Tinggi 6 Pejabat Tinggi AS


Dari kiri: James Comey, James Clapper dan John Brennan memberikan keterangan di depan Komisi Kongres AS, semasa mereka masih menjabat pada era pemerintahan Obama, 25 Februari 2016. (Foto: ilustrasi).
Dari kiri: James Comey, James Clapper dan John Brennan memberikan keterangan di depan Komisi Kongres AS, semasa mereka masih menjabat pada era pemerintahan Obama, 25 Februari 2016. (Foto: ilustrasi).

Presiden Amerika Donald Trump, yang kesal karena terus dikecam oleh sejumlah mantan pejabat tinggi pemerintahan, sedang mempertimbangkan akan mencabut surat izin keamanan tingkat tinggi atau top security clearance yang diberikan kepada enam orang pejabat tinggi bidang intelijen dan penegakan hukum.

Top security clearance yang akan dicabut itu termasuk yang diberikan kepada mantan direktur Dinas Intelijen Pusat, CIA, John Brennan dan mantan direktur Dinas Penyidikan Federal, FBI, James Comey.

“Presiden sedang mempelajari mekanisme untuk mencabut surat izin keamanan tingkat tinggi itu, karena tampaknya telah digunakan untuk tujuan-tujuan politik, dan dalam beberapa hal malahan digunakan untuk mencari uang,” kata juru bicara Gedung Putih Sarah Sanders hari Senin (23/7).

“Mengajukan tuduhan-tuduhan yang tidak berdasar tentang hubungan yang tidak layak dengan Russia adalah tindakan yang tidak patut,” kata Sanders.

Sejumlah bekas pejabat yang punya top security clearance itu sering muncul di televisi dalam wawancara dimana mereka mengecam pemerintahan Presiden Trump.

Trump sangat marah ketika mantan kepala CIA John Brennan menulis Tweet tentang wawancara pers yang diadakan

Presiden Trump dan pemimpin Russia Vladimir Putin di Helsinki baru-baru ini. Brennan menulis bahwa ucapan-ucapan Trump ”telah melampaui batas-batas dari apa yang disebut kejahatan besar dan kecil.”

Kata Brennan lagi dan cuitannya, “Apa yang dilakukan Trump hampir sama dengan pengkhianatan. Bukan hanya komentar-komentarnya sangat bodoh, Trump sepenuhnya sudah berada dalam kantong Putin.”

Senator Partai Republik Rand Paul hari Senin mengatakan akan minta Presiden Trump supaya mencabut security clearance John Brennan.

Mantan direktur Badan Intelijen Nasional Amerika James Clapper juga tampaknya sedang disorot oleh Trump. Kata Presiden Amerika itu kepada CNN, mencabut surat izin keamanan tingkat tinggi Brennan “hanyalah pembalasan kecil saja, karena ia telah bicara blak-blakan di muka umum.”

Selain itu nama-nama mantan pejabat yang bisa kehilangan top security clearance-nya adalah mantan kepala Badan Keamanan Nasional Michael Hayden, mantan wakil kepala FBI Andrew McCabe dan mantan Penasihat Keamanan Nasional dalam pemerintahan presiden Obama, Susan Rice. [ii]

XS
SM
MD
LG