Tautan-tautan Akses

Trump akan Buat 'Pengumuman Penting' terkait Shutdown Hari Sabtu


Presiden AS Donald Trump
Presiden AS Donald Trump

Presiden AS Donald Trump mengatakan ia akan membuat “pengumuman penting” hari Sabtu (19/1) tentang penutupan kegiatan pemerintah federal yang telah berlangsung hampir satu bulan ini, dan tentang situasi di perbatasan dengan Meksiko.

Penghentian sebagian kegiatan pemerintah dimulai tanggal 22 Desember ketika Trump tidak mau menandatangani RUU anggaran belanja yang tidak mencakup pendanaan bagi pembangunan tembok yang diinginkannya.

Trump minta dana 5,7 milyar dolar untuk membangun tembok atau pagar besi yang katanya diperlukan untuk mencegah masuknya imigran gelap dan narkoba ke Amerika.

“Saya akan membuat pengumuman penting tentang krisis Kemanusiaan di Perbatasan Selatan dan tentang shutdown pukul tiga sore hari Sabtu, langsung dari Gedung Putih,” kata Trump dalam cuitannya, tanpa memberi rincian lebih lanjut.

Trump telah mempertimbangkan akan mengumumkan keadaan darurat di perbatasan itu supaya ia bisa menggunakan dana untuk membangun tembok tanpa persetujuan DPR yang kini dikuasai Partai Demokrat. Kalau ia melakukan hal itu, bisa diperkirakan ia akan menghadapi banyak tantangan hukum di pengadilan.

Penutupan kantor-kanter federal itu, yang paling lama dalam sejarah Amerika, telah melumpuhkan ibukota Washington dan mengakibatkan 800.000 pegawai pemerintah federal terkena cuti paksa atau harus bekerja tanpa gaji. (ii)

XS
SM
MD
LG