Tautan-tautan Akses

AS

Trump akan Berlakukan Lebih Banyak Tarif Jika Kesepakatan Dagang AS-China Tak Tercapai


Presiden China Xi Jinping dan Presiden AS Donald Trump akan bertemu di sela KTT G-20 di Osaka, Jepang pekan ini.

Presiden AS Donald Trump mengatakan, ia akan memberlakukan lebih banyak tarif terhadap China jika ia dan Presiden Xi Jinping tidak mencapai kesepakatan ketika bertemu pekan ini.

Dalam wawancara Fox Business Network, Rabu (26/6), Trump mengatakan, ia akan memberlakukan tarif tambahan yang signifikan jika ia dan Xi tidak mencapai kesepakatan.

Kedua pemimpin dijadwalkan akan bertemu pekan ini pada KTT G-20 di Osaka, Jepang, pertemuan tatap muka pertama sejak pembicaraan dagang yang gagal Mei lalu.

Sejak AS pertama kali memberlakukan tarif, kedua negara melakukan aksi saling balas tarif terhadap produk bernilai ratusan miliar dolar.

Trump mengatakan, China bersedia mencapai kesepakatan karena ekonominya menurun. Trump menambahkan ia sangat senang dengan posisi Amerika saat ini.

Pernyataan Trump itu dikeluarkan hanya beberapa menit setelah saluran TV kabel CNBC melaporkan bahwa Menteri Keuangan Steve Mnuchin mengatakan kedua negara hampir mencapai kesepakatan.

Trump mengancam akan memberlakukan tarif baru terhadap produk China senilai325 miliar dolar. Jika itu diberlakukan maka berarti semua produk impor dari Chinayang selama ini tidak tersentuh pemberlakukan tarif sebelumnyaakan ikut terimbas. (ab/uh)

XS
SM
MD
LG