Tautan-tautan Akses

Trump akan Batasi Hak Kewarganegaraan Anak-anak Tertentu yang Lahir di AS


Presiden AS Donald Trump
Presiden AS Donald Trump

Presiden Donald Trump mengatakan, ia akan berusaha membatasi hak kewarganegaraan bagi anak-anak tertentu yang lahir di Amerika Serikat, dalam upaya baru untuk menyusun kembali kebijakan imigrasi yang kemungkinan akan memicu perdebatan di Kongres AS.

Mencari dukungan untuk menopang para calon Partai Republik menjelang pemilihan anggota kongres minggu depan, Trump mengatakan kepada situs berita Axios, bahwa dia akan mencoba mengakhiri hak kewarganegaraan bagi anak-anak yang lahir di AS dari orangtua yang bukan warga negara AS dan imigran gelap.

Presiden mengatakan dalam sebuah wawancara yang diterbitkan hari Selasa, bahwa ia akan mengambil langkah ke arah itu melalui sebuah perintah eksekutif, tetapi hak kewarganegaraan diberikan kepada anak-anak yang lahir di AS di bawah Amandemen ke-14 Konstitusi tidak dapat diubah oleh Presiden. Itu akan memerlukan tindakan dari Kongres dan negara-negara bagian AS.

Salah satu anggota Kongres, Senator Republik Lindsey Graham mengatakan, dia akan memprakarsai rancangan undang-undang untuk tujuan sama" seperti yang diperintahkan Trump. (ps/al)

XS
SM
MD
LG