Tautan-tautan Akses

AS

Pentagon: 5.200 Tentara AS Menuju Perbatasan Meksiko


Para migran berkendara dengan truk, sementara migran lainnya mencari tumpangan di jalan yang menghubungkan Tapanatepec dengan Niltepec, Meksiko. Rombongan kafilah migran dari Amerika Tengah perlahan mengalir ke perbatasan AS, 29 Oktober 2018.

Pentagon mengerahkan 5.200 tentara di sepanjang perbatasan AS dengan Meksiko untuk membantu para agen menghadapi rombongan besar warga Honduras yang menuju Amerika.

"Keamanan perbatasan adalah keamanan nasional," kata Jenderal Terrence O'Shaughnessy, kepala Komando Utara AS, kepada wartawan, Senin (29/10).

Ia mengatakan 5.200 tentara akan menambah hampir 2.100 pasukan Garda Nasional yang sudah berada di sepanjang perbatasan itu.

Komisaris Bea Cukai dan Perlindungan Perbatasan Kevin McAleenan mengatakan saat ini ada sekitar 3,500 laki-laki, perempuan dan anak-anak di Meksiko yang perlahan-lahan menuju Amerika.

Rombongan besar imigran yang kedua berjumlah sekitar 3.000 sudah mencapai perbatasan Guatemala-Meksiko pada Minggu (28/10) dan jelas berniat untuk bergabung dengan kelompok yang lebih besar.

Sebagian migran menyeberangi sungai menuju Meksiko, meski ada upaya polisi untuk mencegah mereka memasuki negara itu dalam satu kelompok besar.

McAleenan mengatakan orang-orang yang berhasil masuk ke AS akan ditangkap dan permintaan suaka mereka dipertimbangkan, seperti yang disyaratkan oleh undang-undang AS. [my]

XS
SM
MD
LG