Tautan-tautan Akses

Truk-Truk Sipil Terlihat Tinggalkan Kantong ISIS Terakhir di Suriah


Pria, wanita dan anak-anak duduk di belakang salah satu truk dalam konvoi yang mengevakuasi ratusan warga sipil dari wilayah terakhir yang dikuasai oleh militan ISIS di Baghouz, Suriah timur, 22 Februari 2019.

Truk-truk yang mengangkut warga sipil, Jumat (22/2) terlihat meninggalkan desa Suriah timur, Baghouz, kantong terakhir yang tersisa dari kekhalifahan yang dinyatakan oleh kelompok teror Negara Islam itu.

Tidak segera jelas berapa jumlah warga sipil yang masih berada di daerah terpencil dekat perbatasan Irak itu.

Kantor berita Associated Press melaporkan konvoi truk itu dikawal oleh “truk-truk pick-up yang dipasangi dengan senjata milik Pasukan Demokratik Suriah (SDF) yang didukung oleh Amerika.

Pesawat-pesawat tempur koalisi melancarkan serangan udara hari Kamis terhadap Baghouz, setelah upaya untuk mengevakuasi warga sipil terhenti.

Serangan itu, yang disertai dengan tembakan artileri, menarget pinggiran Baghuz sehari setelah 2.000 warga sipil dievakuasi dari daerah itu.

Adnan Afrin, seorang komandan Pasukan Demokratik Suriah, mengatakan kepada VOA, “serangan itu menimbulkan kekacauan di antara para teroris ISIS dan memberikan kesempatan kepada sebagian warga sipil yang berada dalam tahanan mereka untuk melarikan diri.”

Serangan tersebut memungkinkan ratusan warga sipil untuk melarikan diri dari kantong ISIS itu dengan berjalan kaki dan sebagian petempur ditahan, tambah Adnan Afrin. [lt]

XS
SM
MD
LG