Tautan-tautan Akses

Koalisi Lancarkan Serangan Udara Baru di Suriah, Usaha Evakuasi Terhenti


Pria, wanita dan anak-anak naik ke belakang sebuah truk dalam konvoi yang mengevakuasi ratusan warga sipil dari wilayah terakhir yang dikuasai oleh militan ISIS di Baghouz, Suriah timur, 22 Februari 2019.

Pesawat-pesawat tempur koalisi melancarkan serangan udara baru terhadap kantung terakhir kekalifahan kelompok teror ISIS setelah usaha-usaha untuk mengevakuasi warga sipil mengalami kebuntuan.

Serangan-serangan itu, yang disertai tembakan artileri, menarget, kawasan pinggiran sebuah wilayah terakhir yang dikuasai ISIS di desa Bhagouz, Suriah Timur, satu hari setelah 2000 warga sipil dievakuasi dari wilayah itu.

Serangan-serangan itu memungkinkan ratusan warga sipil lari menyelamatkan diri dari kantung ISIS itu dengan berjalan kaki, kata Komandan Pasukan Demokrasi Suriah (SDF) yang didukung AS kepada VOA. Ia juga mengatakan, sejumlah militan ISIS berhasil ditangkap dalam serangan-serangan tersebut.

Para pejabat pasukan koalisi dan SDF mengatakan, mereka yakin ratusan militant ISIS masih bertahan di Baghouz.

Mereka mengatakan, kelompok ISIS mulai kehabisan amunisi dan obat-obatan, namun mengakui masih diperlukan beberapa hari lagi bagi mereka untuk masuk kw wilayah itu. [ab]

XS
SM
MD
LG