Tautan-tautan Akses

Trump: Tak Ada Alasan untuk Tidak Capai Perjanjian Damai Israel-Palestina


Pemimpin Palestina Mahmoud Abbas (kiri) dan presiden Amerika Donald Trump (Foto: dok).
Pemimpin Palestina Mahmoud Abbas (kiri) dan presiden Amerika Donald Trump (Foto: dok).

Pemimpin Palestina Mahmoud Abbas dan presiden Amerika Donald Trump akan mengadakan pertemuan yang pertama kalinya hari Rabu (3/5) di Gedung Putih.

Trump mengatakan minggu lalu ia tidak melihat alasan mengapa perjanjian damai antara Israel dan Palestina tidak bisa dicapai. Kata Presiden Palestina Abbas, suatu perjanjian damai yang bersejarah untuk mengakhiri konflik yang telah berlangsung puluhan tahun, kemungkinan bisa dicapai di bawah pemerintahan Presiden Trump.

Tapi para pejabat Palestina mengatakan Abbas hanya punya harapan sederhana untuk pertemuan itu dan salah satu targetnya adalah untuk mendengarkan rencana Trump guna menghidupkan kembali perundingan damai yang macet.

Kata Dennis Ross, pejabat yang terlibat langsung dalam usaha perdamaian itu di masa lalu, tujuan Abbas datang ke Washington adalah untuk menunjukkan bahwa ia masih punya peran besar untuk mencapai perdamaian, dan tanpa dia akan sulit dicapai kemajuan dalam perundingan. Tapi kelompok Fatah pimpinannya menghadapi tantangan kuat dari kelompok Hamas yang menguasai Jalur Gaza. [ii]

XS
SM
MD
LG