Tautan-tautan Akses

Presiden AS, Presiden Palestina akan Bahas Upaya Perdamaian Timur Tengah


Presiden Palestina Mahmoud Abbas (kiri) dan Presiden AS Donald Trump (Foto: dok).

Gedung Putih mengatakan hari Rabu (19/4) bahwa Presiden Trump dan pemimpin Palestina Mahmoud Abbas akan membicarakan upaya menghidupkan kembali proses perdamaian Timur Tengah tanggal 3 Mei di Gedung Putih.

Menurut juru bicara Gedung Putih Sean Spicer, kedua pemimpin akan mengukuhkan komitmen kedua pihak untuk terus berusaha sampai akhirnya menyelesaikan konflik Israel-Palestina. Itu merupakan pertemuan pertama Trump dengan Abbas dan menyusul serangkaian kontak dengan pemimpin Palestina itu.

Abbas yang belum lama ini bertemu dengan kepala CIA, Mike Pompeo dan utusan khusus Trump, Jason Greenblatt di Ramallah mengatakan Trump sungguh-sungguh sedang memikirkan solusi bagi isu Palestina.

Tidak lama setelah menjadi presiden, Trump sempat menggusarkan Palestina karena mempertanyakan apakah pemerintahannya harus mendukung solusi dua negara, yang selama ini menjadi tonggak kebijakan Amerika.

Tetapi sejak itu ia memperingatkan Israel agar membatasi diri melakukan pembangunan permukiman di Tepi Barat yang diduduki. [my/al]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG