Tautan-tautan Akses

Topan Damrey Terjang Pantai Selatan Vietnam, 27 Orang Tewas


Para pekerja memperbaiki tiang listrik yang roboh akibat hantaman topan Damrey di provinsi Phu Yen, Vietnam, Sabtu, 4 November 2017.

Topan Damrey telah menerjang pantai Selatan Vietnam, menewaskan sedikitnya 27 orang.

Para pejabat penanggulangan bencana mengatakan Damrey telah menerbangkan atap lebih dari 1.000 rumah, mencabut pohon-pohon dan menumbangkan tiang-tiang listrik.

Provinsi Khanh Hoa menderita 14 korban jiwa ketika rumah-rumah yang rubuh dihanyutkan oleh banjir, menurut badan penanggulangan bencana provinsi itu.

Badan itu mengatakan lebih dari 300 rumah sama sekali hancur dan kira-kira 25 ribu lainnya kehilangan atap. Menurut badan itu, 112 kapal tenggelam dalam badai itu. Aliran listrik terputus di banyak daerah dan puluhan penerbangan telah dibatalkan.

Sebagai langkah berjaga-jaga, ribuan orang telah diungsikan ke dataran yang lebih tinggi sebelum topan mencapai darat.

Damrey adalah badai yang paling kuat pernah melanda daerah itu dalam 16 tahun, menurut NASA.

Sementara itu, sedikitnya tiga orang telah tewas dan hampir 2 ribu orang diungsikan setelah badai yang kuat menimbulkan banjir paling buruk dalam beberapa tahun ini di Negeri Penang, Malaysia.

Banyak jalan di ibukota Penang, George Town, satu situs warisan dunia UNESCO dan tujuan popular wisatawan dalam dan luar negeri, terendam oleh air kotor yang dalam.

Pihak berwenang mengatakan hujan tersebut kemungkin terimbas oleh Topan Damrey. [gp]

XS
SM
MD
LG