Tautan-tautan Akses

Topan Damrey Terjang Pantai Vietnam, Belasan Tewas


Badai menyapu sebuah jalan di Nha Trang, saat Topan Damrey menghantam Vietnam selatan, 4 November 2017. (Foto: videograb).

Angin topan Damrey yang melanda pesisir pantai selatan Vietnam telah menewaskan setidaknya 15 orang dan empat orang lainnya hilang.

Empat belas orang tewas di Provinsi Khanh Hoa saat rumah-rumah hanyut oleh banjir, menurut Badan Penanggulanan Bencana di provinsi tersebut.

Badan itu mengatakan ledih dari 300 rumah hancur total, sekitar 25.000 rumah lainnya kehilangan atap dan 112 kapal tenggelam akibat badai. Listrik padam di banyak wilayah dan puluhan penerbangan dibatalkan.

Para pejabat bencana mengatakan Damrey telah menerbangkan atap-atap lebih dari seribu rumah, mencabut pohon-pohon menumbangkan tiang-tiang listrik.

Ribuan orang diungsikan ke dataran yang lebih tinggi sebelum topan sampai ke pantai.

Damrey adalah topan yang paling kuat melanda daerah itu dalam waktu paling sedikit 16 tahun, menurut NASA.

Kota Da Nang, di bagian tengah Vietnam, yang menjamu pertemuan puncak APEC dari 8 November sampai 10 November, juga sudah mengalami beberapa hujan lebat.

Bulan lalu, banyak orang tewas ketika badai tropis melanda beberapa provinsi Vietnam di bagian utara dan tengah. [gp/ka]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG