Tautan-tautan Akses

AS

Tolak Masker di Sekolah, Gubernur Texas Positif COVID-19


Gubernur Texas Greg Abbott berbicara di House Chamber di Austin, Texas, 5 Februari 2019. (Foto: AP)

Gubernur Texas Greg Abbott, Selasa (17/8), dinyatakan positif terjangkit virus corona. Kantor gubernur mengatakan ia berada dalam kondisi sehat dan tidak mengalami gejala apapun.

Abbott, gubernur dari Partai Republik, diketahui telah divaksinasi pada Desember 2020.

Juru bicara kantor gubernur Mark Miner mengatakan Abbott kini diisolasi di kediaman gubernur dan diberi perawatan antibodi monoklonal. Hasil uji medis positif COVID-19 bagi Abbott itu diketahui ketika perebakan virus mematikan itu sedang melonjak dan kapasitas rawat inap di seluruh Texas menipis.

Presiden Republican Club di Heritage Ranch, Jack DeSimone, mengatakan ia tidak suka “melakukan pembicaraan tentang hal ini” dan menolak mengomentari lebih lanjut soal kehadiran Abbott dalam acara kelompok itu Senin malam (16/8). Miner mengatakan Abbott diketahui negatif COVID-19 pada hari Senin dan tidak ada satu orang staf pun yang diketahui positif.

Abbott dengan gigih menentang keharusan mengenakan masker di sekolah-sekolah umum, meskipun sejumlah distrik di kota-kota terbesar di Texas – yang dikelola oleh tokoh dari Partai Demokrat – menentang Abbott dan tetap mengharuskan seluruh siswa mengenakan masker.

Abbott dan Jaksa Agung Texas Ken Paxton, yang juga berasal dari Partai Repubik, menggugat hal itu ke pengadilan.

Istri Abbott, Cecilia, dinyatakan negatif.

Gubernur Abbot diuji medis COVID-19 setiap hari, dan Miner mengatakan “semua orang yang berhubungan dekat dengannya telah diberitahu.”

Lebih dari 11.500 orang dirawat di rumah sakit pada Senin (16/8), yang tertinggi sejak Januari. [em/jm]

XS
SM
MD
LG