Tautan-tautan Akses

Tutup Pasar Tsukiji, Tokyo Resmikan Pasar Ikan Baru


Wali Kota Tokyo Yuriko Koike (Tengah) mengunjungi Pasar Ikan Toyosu sebelum upacara peresmian di Tokyo, 13 September 2018. Toyosu, yang mulai beroperasi pada Oktober, akan menggantikan pasar ikan legendaris dan terbesar di dunia, Pasar Tsukiji. (Foto: AFP)

Wali Kota Tokyo, Kamis (13/9), meresmikan pasar ikan baru menggantikan pasar ikan legendaris yang sudah mendunia, Pasar Tsukiji. Dalam sambutannya, Wali Kota Tokyo berkeras bahwa pasar yang baru akan lebih aman, kantor berita AFP melaporkan.

“Pasar Toyosu aman. Saya ingin mengatakan hal itu” kepada seluruh penjual, pembeli dan konsumen, kata Yuriko Koike, merujuk kompleks pasar baru, yang terletak di bekas tempat pabrik gas, sebelah timur Tsukiji.

Pasar baru akan “lebih canggih” dengan “kontrol kebersihan yang sangat maju,” janji Koike. Pasar ikan Toyosu akan mulai beroperasi pada 11 Oktober.

Pasar Tsukiji, yang sudah berusia 83 tahun dan akan ditutup resmi bulan depan, banyak dikecam karena gedungnya yang ketinggalan zaman dan standar keamanan yang kurang baik.

Rencana untuk memindahkan pasar itu sudah ada sejak lama dan relokasi awalnya direncanakan pada 2016. Namun, rencana relokasi tersebut menghadapi banyak hambatan.

Tsukiji adalah pasar ikan terbesar di dunia dan salah satu tempat kunjungan wisata yang terkenal. Pasar yang dibuka pada 1935 itu terkenal dengan lelang tuna yang digelar dini hari. [ft/au]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG