Tautan-tautan Akses

Toilet Emas Dicuri dari Istana Blenheim di Inggris


Toilet 18 karat, berjudul "Amerika," oleh Maurizio Cattelan di kamar kecil Museum Solomon R. Guggenheim di New York, 16 September 2016. (Foto: AP)
Toilet 18 karat, berjudul "Amerika," oleh Maurizio Cattelan di kamar kecil Museum Solomon R. Guggenheim di New York, 16 September 2016. (Foto: AP)

Toilet terbuat dari emas padat yang sedang ditampilkan dalam sebuah pameran seni, dicuri dari tempat kelahiran dan rumah mantan Perdana Menteri Inggris, Winston Churchill.

Toilet emas 18 karat yang dinamakan "Amerika" itu adalah hasil karya seniman Italia, Maurizio Cattelan. Toilet itu ikut ditampilkan dalam pameran besar karya Cattelan di Istana Blenheim di Oxfordshire, Inggris.

Pencurian itu menyebabkan kerusakan yang signifikan dan banjir. Pasalnya toilet telah telah dilekatkan pada pipa saluran gedung supaya benar-benar bisa digunakan oleh pengunjung.

Seorang laki-laki, usia 66 tahun, telah ditangkap terkait kasus tersebut. Namun pihak berwenang tidak mengungkap namanya dan juga tidak mendakwanya

Toilet itu sebelumnya telah dipamerkan di Guggenheim Museum New York. Saat itu lebih dari 100 ribu orang mengantri dengan sabar untuk dapat menggunakan benda seni tersebut, menurut pejabat museum pada saat itu.

Tahun lalu, kepala kurator Museum Guggenheim menawarkan untuk meminjamkan toilet emas itu kepada Presiden Amerika Donald Trump dan istrinya Melania Trump ketika mereka hendak meminjam lukisan Van Gogh untuk kediaman pribadi mereka di Gedung Putih.

Cattelan mengatakan toilet dimaksudkan menjadi bagian satir tentang kekayaan berlebih. "Apa pun yang Anda makan, makan siang yang harganya 200 dolar atau hot dog yang dua dolar, kalau ke toilet, hasilnya sama saja,'' katanya. [ka/ah]

XS
SM
MD
LG