Tautan-tautan Akses

Tlaib Ralat Berita Penggunaan Alquran Milik Jefferson Saat Pelantikan


Rashida Tlaib (baris kedua, tengah), berada di antara anggota DPR dari Partai Demokrat, yang diambil sumpah pada hari pembukaan Kongres ke-116 di Capitol, Washington, 3 Januari 2019.

Rashida Tlaib, satu dari dua perempuan Muslim pertama dalam sejarah Amerika yang terpilih menjadi anggota Kongres, meralat laporan media yang mengatakan dia menggunakan Alquran bersejarah milik Thomas Jefferson dalam upacara pelantikan anggota DPR baru

Seperti dilansir The Hill, Tlaib, yang mewakili Negara Bagian Michigan, mengatakan melalui cuitan di akun Twitter bahwa dia menggunakan Alquran milik pribadi untuk upacara pelantikan.

Berbagai media melaporkan Tlaib akan menggunakan Alquran yang pernah dimiliki Jefferson, presiden AS ke-3 saat upacara pengambilan sumpah dalam pelantikan anggota baru DPR bersama Ketua DPR AS Nancy Pelosi . Alquran milik Jefferson itu sekarang tersimpan di Library of Congress.

“Saya menggunakan *Alquran pribadi* yang diberikan seorang sahabat 25 tahun yang lalu untuk upacara pelantikan (pada dasarnya foto bersama Ketua DPR Pelosi,” cuit Tlaib pada Sabtu (5/12).

“Saya tidak menggunakan Alquran Jefferson seperti yang diberitakan. Saya ingin lebih personal (dan milik saya sendiri),” kata Tlaib menambahkan.

Sebelumnya kepada Detroit Free Press, Tlaib menyebut alasannya memilih disumpah sambil memegang Al-Quran ‘lebih ke politis daripada alasan agama’.

“Saya setuju dengan pemerintahan sekuler. Saya disumpah sambil memegang Alquran untuk menunjukkan bahwa warga Amerika beragam dan kita semua cinta keadilan dan kebebasan,” katanya kepada Detroit Free Press.

Alquran milik Jefferson pernah digunakan wakil rakyat asal Minnesota, Keith Ellison, saat dia diambil sumpah menjadi anggota Kongres 12 tahun lalu. Ellison adalah lelaki Muslim pertama yang menjadi anggota Kongres dalam sejarah Amerika. [ft/au]

XS
SM
MD
LG