Tautan-tautan Akses

Tiongkok Cabut Larangan Masuk bagi Warga Asing Penderita AIDS


Sekjen PBB Ban Ki Moon memuji Presiden Hu Jintao atas pencabutan larangan yang telah berlaku 20 tahun itu.

Tiongkok telah mengatakan mencabut larangan yang berlaku selama 20 tahun mengenai kunjungan warga asing penderita HIV/AIDS beberapa hari sebelum dimulainya Shanghai World Expo, sebuah acara yang diperkirakan akan menarik jutaan pengunjung.

Media pemerintah Tiongkok hari Selasa menerbitkan pernyataan Dewan Negara Tiongkok yang mengatakan pemerintah menyadari larangan berkunjung itu hanya berdampak kecil dalam pencegahan dan pengawasan penyakit. Dewan Negara itu mengatakan larangan itu juga membuat Tiongkok kurang leluasa dalam menyelenggarakan acara-acara internasional.

Media Tiongkok mengatakan pemerintah juga mencabut larangan masuk bagi warga asing yang terinfeksi penyakit menular karena hubungan kelamin dan penyakit lepra.

Sekjen PBB Ban Ki Moon memuji keputusan Presiden Tiongkok Hu Jintao atas keputusan itu dan mendesak lebih banyak lagi negara segera mengambil langkah –langkah serupa.

Program gabungan PBB untuk HIV/AIDS (UNAIDS) mengatakan 51 negara dan kawasan masih memberlakukan pembatasan kunjungan, masa tinggal atau menetap para penderita HIV. Amerika mencabut larangan berkunjung penderita HIV/AIDS bulan Januari lalu.

XS
SM
MD
LG