Tautan-tautan Akses

Tim Hoki Gabungan Korea Laga Perdana di Olimpiade


Pendukun tim Korea Utara, atas, melambaikan bendera unifikasi pada saat pemain tim hoki gabungan Kedua Korea berkumpul di akhir laga hoki perempuan melawan Swiss, di Olimpiade Musim Dingin 2018 di Gangneung, Korea Selatan, 10 Februari, 2018.

Tim hoki gabungan perempuan Korea itu, Sabtu (10/2) bertanding untuk pertama kalinya dalam sejarah Olimpiade.

Tim gabungan Korea Selatan dan Korea Utara itu berhadapan dengan Swiss dalam pertandingan pendahuluan dalam Olimpiade Musim Dingin di Pyeongchang, Korea Selatan, yang diwarnai isu-isu politik.

Kim Yo Jong, adik perempuan pemimpin Korea Utara Kim Jong-un, menghadiri pertandingan itu, menandai mencairnya hubungan antara kedua Korea – yang secara teknis masih berperang. Jong, bersama dengan kepala negara simbolis Korea Utara Kim Yong Nam, menyaksikan pertandingan itu dengan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in, menurut juru bicara Moon.

Kim Yo Jong dan Kim Yong Nam telah mengundang Presiden Moon untuk mengadakan perundingan antar-Korea di Pyongyang. Apabila Moon menerimanya, pertemuan akan menjadi perundingan putaran ketiga sejak kedua negara terpecah pada tahun 1945.

Meskipun Swiss membantai Korea dengan skor 8-0, nilai sejarah pertandingan itu tidak hilang.

Setelah pertandingan, para penggemar mengangkat spanduk besar yang bertuliskan “Kita adalah satu.” Sementara Presiden Moon dan Presiden Komite Olimpiade Internasional Thomas Bach bergabung dengan Kim Yo Jong dan para pejabat lain untuk berfoto bersama tim hoki. [vm/ii]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG