Tautan-tautan Akses

Wapres AS di Pyeongchang Hadiri Pembukaan Olimpiade Musim Dingin


Wapres AS Mike Pence (dua dari kanan, bawah) duduk di antara istrinya Karen Pence (tiga dari kanan, bawah) dan PM Jepang Shinzo Abe saat berlangsungnya upacara Pembukaan Olimpiade Musim Dingin 2018 di Pyeongchang, Korea Selatan, 9 Februari 2018.

Wakil Presiden Amerika Mike Pence telah tiba di Pyeongchang, Korea Selatan, untuk menghadiri acara pembukaan Olimpiade Musim Dingin 2018.

Sebelumnya Jumat pagi (9/2), Pence mengunjungi Komando Armada ke-2 Angkatan Laut Korea Selatan di Pyeongtaek, 70 kilometer sebelah selatan Seoul, untuk mengunjungi monumen peringatan bagi kapal perang Korea Selatan Cheonan, yang tenggelam akibat ledakan yang dituding dilakukan Korea Utara. Ledakan itu menewaskan hampir 50 awak Cheonan.

“Tujuan kami di sini sekarang adalah berdiri bersama dengan sekutu-sekutu kami. Tetapi ini juga untuk menegakkan kebenaran. Dan untuk memahami bahwa apapun citra yang mungkin muncul dengan latar belakang dan idealisme Olimpiade yang kuat, Korea Utara harus menerima perubahan,” kata Pence kepada wartawan di sebuah pangkalan Angkatan Laut Korea Selatan sebelum menuju lokasi Olimpiade.

Wapres AS Mike Pence (kanan) bersama istrinya, Karen Pence setibanya di lokasi upacara pembukaan olimpiade musim dingin 2018 di Pyeongchang, Korea Selatan, 9 Februari 2018.
Wapres AS Mike Pence (kanan) bersama istrinya, Karen Pence setibanya di lokasi upacara pembukaan olimpiade musim dingin 2018 di Pyeongchang, Korea Selatan, 9 Februari 2018.

Korea Utara harus meninggalkan ambisi nuklir mereka, mengakhiri hari-hari provokasi dan ancaman, dan sungguh-sungguh mengakhiri catatan HAM-nya yang mengerikan, lanjut Pence.

Wakil Presiden Pence juga bertemu dengan sejumlah pembelot Korea Utara sewaktu berada di Pyeongtaek.

Baca juga: Wapres AS Bertekad untuk Waspada dan Tegas dalam Hadapi Ancam

Para pejabat Amerika tidak mengesampingkan kemungkinan Pence bertemu seorang pejabat Korea Utara pada Olimpiade ini. Media pemerintah Korea Utara Kamis menyatakan belum ada niat di pihak mereka untuk mengadakan pembicaraan semacam itu.

Pence mengatakan timnya tidak meminta diadakan pertemuan, tetapi jika ini terjadi, ia akan melanjutkan pesannya bahwa Korea Utara harus meninggalkan sepenuhnya program nuklir dan rudal balistiknya, serta akan terus menekan hingga negara itu melakukannya. [uh]

XS
SM
MD
LG