Tautan-tautan Akses

AS

Tillerson: AS Bisa Tetap ikut Pakta Iklim Paris dengan Ketentuan Tepat


Menteri Luar Negeri AS Rex Tillerson (foto: dok).

Menteri Luar Negeri AS Rex Tillerson mengatakan hari Minggu bahwa Amerika Serikat akan tetap berada dalam perjanjian perubahan iklim di Paris dengan syarat-syarat yang benar.

Dia mengatakan dalam acara berita CBS "Face the Nation" bahwa Presiden Donald Trump "terbuka untuk menemukan kondisi di mana kita dapat tetap terlibat dengan orang lain mengenai apa yang kita semua sepakati merupakan masalah yang menantang."

Tillerson mengatakan, "Kita bersedia bekerja sama dengan mitra-mitra dalam kesepakatan iklim Paris, jika kita dapat merancang seperangkat ketentuan yang adil dan seimbang untuk orang Amerika dan menghargai ekonomi kita dan kepentingan ekonomi kita."

Namun dia mengatakan masalahnya masih terkait perbedaan komitmen antara Amerika Serikat dan China.

"Jika kita lihat target-target itu dalam kaitannya dengan kesepakatan iklim Paris, tampak benar-benar tidak seimbang untuk Amerika dan China, dua ekonomi terbesar di dunia," katanya.

Gedung Putih hari Sabtu mengatakan Trump tidak akan mengubah pikiran untuk menarik A.S. dari kesepakatan Paris kecuali ada "ketentuan-ketentuan yang pro-Amerika." [as/ii]

XS
SM
MD
LG