Tautan-tautan Akses

AS

Tiga Patung Perempuan Pejuang Hak Sipil Siap Dibangun di Central Park, New York


Para pejalan kaki melintas di depan sudut jalan pada pintu masuk Central Park New York. Para aktivis menggalang dana untuk pembuatan patung-patung tokoh perempuan yang mengubah sejarah, di lokasi itu, 6 Oktober 2016. (Foto: AP/arsip)

Beberapa perempuan akan segera bergabung dengan para laki-laki di Central Park, New York setelah komisi kota itu pada Senin (21/10) memutuskan untuk mendirikan monumen yang menggambarkan hal itu.

Saat ini di Central Park ada 23 patung untuk menghormati laki-laki yang telah memberi sumbangsih pada sejarah, tetapi tidak ada satu pun yang dibuat untuk menghormati perempuan sejati. Yang ada justru patung-patung yang menggambarkan karakter perempuan dalam fiksi dan fantasi.

Tiga patung perempuan yang menampilkan perintis hak-hak sipil terkemuka – Susan B. Anthony, Elizabeth Cady Stanton dan Sojourner Truth – akan dibangun pada Agustus 2020.

Karya seniman Meredith Bergmann itu akan mematahkan apa yang oleh sebagian orang disebut sebagai “langit-langit perunggu” di taman yang berusia 166 tahun itu.

Desain Bergmann yang asli sempat dikritik karena hanya menunjukkan Anthony dan Stanton. Para pengecam mengatakan perempuan Amerika keturunan Afrika juga memainkan peran penting dalam hak pilih perempuan di Amerika. Kritik itu mendorong Bergmann mendesain ulang patung-patung tersebut dan menambahkan sosok Truth. [em/pp]

XS
SM
MD
LG