Tautan-tautan Akses

Ubah Kesenjangan Gender, New York Bangun Patung Tokoh Perempuan


Patung Fearless Girl di depan gedung Bursa Saham New York, 11 Desember 2018. (Foto: AP)

Di Washington D.C. dan New York, patung tokoh-tokoh perempuan jumlahnya tak banyak. Di Washington, misalnya, hanya 50 patung. Sedangkan New York hanya punya 5 patung perempuan. Padahal perempuan berjumlah separuh dari penduduk New York. Pejabat kota itu berencana mengubah kesenjangan gender itu.

Dari 150 patung di kota New York, hanya terdapat 5 patung perempuan untuk menghormati perempuan. Tetapi otoritas kota mengatakan, situasi yang tidak berimbang itu akan berubah.

"Patung-patung yang terletak di sekitar Kota New York itu adalah bagian dari upaya luas pemerintah kota untuk menyetarakan ketidak seimbangan gender yang nyata di banyak sektor di kota New York. Ini lazim terjadi dalam ekonomi, bisnis, dan di masyarakat,” kata Faye Penn, direktur eksekutif women.nyc.

Inisiatif itu disebut 'She Built NYC.

Masing-masing dari lima wilayah kota akan mendapat monumen baru untuk perempuan yang punya hubungan khusus ke New York.

Patung Harriet Tubman, pejuang anti-perbudakan di kawasan Harlem, New York, 25 Juni 2015. (Foto: AP)
Patung Harriet Tubman, pejuang anti-perbudakan di kawasan Harlem, New York, 25 Juni 2015. (Foto: AP)

Kota itu menerima saran terbuka untuk siapa yang harus diabadikan dalam patung itu.

"Kami menerima lebih dari 2.000 tanggapan dan lebih dari 300 nama. Dan lima patung yang akan dibangun di Kota New York antara 2020 sampai 2022 langsung dari daftar itu," kata Faye.

Taman Central Park yang menjadi ciri khas kota New York akan memasang patung Elizabeth Cady Stanton dan Susan B. Anthony.

Keduanya memegang peran utama dalam gerakan anti-perbudakan dan hak-hak perempuan pada tahun 1800-an.

Sedangkan di stasiun kereta api Grand Central Terminal akan dibangun patung Elizabeth Jennings Graham. Ia adalah guru dan aktivis hak-hak sipil yang menuntut pemerintah kota pada 1854 untuk mengakhiri pemisahan dalam transportasi umum.

Patung Eleanor Roosevelt di Washington, 22 April 1977. (Foto: AP)
Patung Eleanor Roosevelt di Washington, 22 April 1977. (Foto: AP)

Sebuah patung Shirley Chisholm akan dipasang di Brooklyn.

"Shirley Chisholm adalah salah seorang perempuan Amerika keturunan Afrika pertama di Kongres. Dia juga wanita pertama yang mencalonkan diri sebagai presiden dan berhasil dengan baik dalam upayanya memperoleh nominasi dari partai Demokrat," kata Bruce Lincoln, salah satu pendiri Silicon Harlem.

Sosok penyanyi Jazz terkenal, Billie Holiday akan dipasang di Queens.Dokter Helen Rodríguez Trías, perempuan Latin pertama yang menjadi Ketua Persatuan Kesehatan Umum Amerika akan didirikan di Bronx.

Dan sebuah patung lagi akan dipasang di Staten Island untuk menghormati Katherine Walker, yang menjaga mercusuar di pelabuhan New York Harbor selama 30 tahun.

Pejabat kota mengatakan, patung-patung itu mewakili perempuan perintis yang jasa-jasa mereka selamanya mengubah kota New York. [ps/my]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG