Tautan-tautan Akses

AS

3 Hakim Agung AS Tak Hadiri Pidato Trump di Kongres


Hakim Agung AS, Ruth Bader Ginsburg. (Foto: Dok)

Hakim Agung AS Ruth Bader Ginsburg tidak hadir ketika Presiden Donald Trump menyampaikan pidato pertamanya di depan sidang gabungan Kongres Amerika Selasa malam (28/2).

Selain Ginsburg, dua hakim agung lainnya juga tidak hadir, yaitu Samuel Alito dan Clarence Thomas. Hakim Agung Alito terakhir kali menghadiri pidato kenegaraan presiden tahun 2010, dan hakim agung Clarence Thomas yang berkulit hitam itu, tidak pernah hadir dalam masa pemerintahan Presiden Obama.

Tapi absennya Hakim Ginsburg adalah yang pertama kalinya, karena ia selalu muncul ketika Obama menyampaikan laporannya kepada Kongres selama delapan tahun masa jabatannya.

Ginsburg berbicara keras menentang Trump dalam masa kampanye, tapi kemudian minta maaf karena ikut mencampuri bidang politik. Tidak lama setelah Ginsburg menyampaikan kecamannya, Trump mengirim pesan Twitter yang berbunyi “Hakim Mahkamah Agung Ginsburg membuat malu banyak orang dengan membuat pernyataan politik yang bodoh tentang saya. Pikirannya sudah rusak. Mundur saja!” kata Trump tentang hakim agung yang berusia 83 tahun itu. [ii/ps]

XS
SM
MD
LG