Tautan-tautan Akses

Tidak Semua Orang Menanti Kedatangan Vaksin Covid-19 di California


Seorang perawat sedang menunggu orang-orang yang ingin diuji untuk Covid-19, di Los Angeles Timur, California, 10 November 2020. (Foto: Reuters)
Seorang perawat sedang menunggu orang-orang yang ingin diuji untuk Covid-19, di Los Angeles Timur, California, 10 November 2020. (Foto: Reuters)

Berita seputar vaksin Covid-19 hasil produksi Pfizer dan Moderna -yang dalam beberapa minggu ke depan kemungkinan akan siap untuk distribusi setelah resmi mendapat izin dari pemerintah Amerika- merupakan kabar yang ditunggu oleh banyak orang. Bagaimana pendapat orang California terkait vaksin itu?

Saat ditemui di daerah dekat pantai di luar kota Los Angeles, sejumlah warga negara bagian California mengutarakan pendapatnya kepada kantor berita Reuters. Di antara mereka ada yang masih penasaran ingin menunggu dan melihat bagaimana efek jangka panjang terhadap penerima vaksin, ada yang menolak dan ada pula yang mengatakan dengan pasti bahwa mereka mau mendapat suntikan vaksin itu.

Salah satunya adalah Bob Earl, seorang penduduk kota Long Beach yang tidak jauh dari Los Angeles.

Bob yang berusia 33 tahun, mengatakan apabila vaksin tersebut sudah menjalani tes dan terbukti aman dan efektif, maka ia pasti akan menerimanya. Iapun akan merekomendasi kepada orang lain agar juga mendapat vaksin tersebut.

Namun, beda halnya dengan Oscar Ramos yang juga tinggal di daerah Long Beach. Pria berusia 26 tahun ini justru lebih berhati-hati untuk menerima vaksin yang baru diproduksi tersebut.

Oscar mengatakan bahwa ia baru akan menerima vaksin tersebut setelah ada lebih banyak data yang tersedia. Ia mengetahui bahwa saat ini masih pada tahap awal dan walau tingkat kemanjurannya sudah mencapai 90 persen, kita masih belum tahu efeknya dalam jangka panjang. Jadi, ia masih ingin melihat perkembanganya lebih lanjut sebelum menerima vaksin dalam bentuk apapun.

Sementara itu, Brad Baughman sama sekali tidak tertarik, warga Huntington Beach berusia 53 tahun ini mengatakan bahwa ia merasa ini hanyalah usaha dari pemerintah untuk mendapatkan uang. Brad menolak untuk divaksinasi walau ia memiliki kondisi kesehatan yang dapat membuatnya lebih rentan terhadap virus corona.

Tidak Semua Orang Menanti Kedatangan Vaksin Covid-19 di California
mohon tunggu

No media source currently available

0:00 0:02:53 0:00

Brad mengatakan setelah melihat data-data dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (Centers for Disease Control and Prevention/CDC), mereka yang berusia antara 1 sampai 50 tahun memiliki peluang sembuh sebesar 99,8 persen dari virus ini. Jadi, menurutnya ini hanyalah sebuah cara bagi pemerintah untuk memajukan sejumlah perusahaan farmasi besar dan mengambil keuntungan dari kita.

Para pejabat yang berwenang mengatakan kepada media bahwa pemerintah negara bagian setempat telah siap untuk mulai pendistribusian vaksin tersebut dalam waktu 24 jam setelah mendapat izin resmi dari pemerintah. Mereka menambahkan bahwa persyaratan penyimpanan dengan pendingin tidak akan menghambat warga Amerika untuk dapat mengakses vaksin tersebut. [aa/lt]

XS
SM
MD
LG