Tautan-tautan Akses

AS

'Tidak Cukup' Kemajuan dalam Perundingan AS-Meksiko


Ratusan migran asal Amerika Tengah berjalan bersama melewati perbatasan Guatemala – Meksiko, dekat Ciudad Hidalgo, Meksiko, 5 Juni 2019.

Presiden Amerika Donald Trump mengatakan kemajuan dicapai pada, Rabu (5/6), dalam pembicaraan migran antara Amerika dan Meksiko, tetapi "tidak mendekati cukup."

Dalam cuitan di Twitter, Rabu malam, dari Portsmouth, Inggris, Trump mengatakan "Meksiko dan Demokrat di Kongres menolak bergerak maju soal reformasi imigrasi."

Ia kembali mengatakan akan menindaklanjuti janjinya untuk mengenakan tarif5 persen terhadap barang-barang impor Meksiko pada Senin (10/6), jika tidak dicapai kesepakatan.

Trump menuntut Meksiko berbuat lebih banyak dalam mengendalikan arus migran Amerika Tengah yang melewati Meksiko dengan harapan dapat menyeberang ke Amerika.

Ini termasuk janji memastikan para pencari suaka tetap berada di Meksiko dan menindak penyelundupan manusia.

Pembicaraan di Washington antara Wakil Presiden Mike Pence, Menteri Luar Negeri Mike Pompeo dan Menteri Luar Negeri Meksiko Marcelo Ebrard berlanjut pada Kamis (6/6).

Dengan hanya empat hari tersisa untuk mencegah pemberlakuan tarif, Presiden Meksiko Andres Manuel Lopez Obrador mengatakan pada Rabu (5/6) di Mexico City bahwa ia optimistis.[ka]

XS
SM
MD
LG