Tautan-tautan Akses

The Fed: Kenaikan Suku Bunga AS akan Dilakukan Bertahap


Gedung bank sentral AS atau Federal Reserve di Washington DC (foto: ilustrasi).
Gedung bank sentral AS atau Federal Reserve di Washington DC (foto: ilustrasi).

Risiko yang dihadapi perekonomian AS lebih sedikit dan siap untuk terus berkembang, tetapi bank sentral akan bergerak secara bertahap untuk menaikkan suku bunga, kata seorang pejabat senior Federal Reserve Selasa (27/11).

Wakil Ketua Federal Reserve Richard Clarida menekankan bahwa para pejabat akan mengawasi tanda-tanda inflasi dan perkembangan pasar tenaga kerja sebelum membuat keputusan untuk menaikkan suku bunga acuan.

Risiko terhadap ekonomi cenderung berkurang dan fundamental ekonomi AS kuat, yang berarti pemulihan tahun depan kemungkinan akan "menjadi ekspansi terpanjang dalam sejarah AS," kata Clarida dalam pidato di sebuah konferensi di New York, pusat pasar keuangan AS.

Kombinasi analisa ekonomi yang menggembirakan, dengan apa yang mungkin dipandang sebagai kebijakan moneter yang kurang agresif, kemungkinan akan disambut baik oleh pasar yang dalam dua bulan terakhir telah menghapus sebagian besar atau mungkin semua kenaikan tahun ini.

Dalam pidato di akhir Oktober, Clarida mengemukakan bahkan setelah menetapkan tiga kenaikan tahun ini, suku bunga bank sentral sebesar 2,25 persen masih memberikan stimulus bagi perekonomian. [as]

Recommended

XS
SM
MD
LG