Tautan-tautan Akses

Thailand Mulai Proses Pemakaman Raja


Para pelayat berbaris untuk memberikan penghormatan terakhir kepada almarhum Raja Bhumibol Adulyadej di dekat Grand Palace di Bangkok, Thailand, 24 September 2017. (Foto: dok).

Thailand, Rabu (25/10), memulai proses pemakaman Raja Bhumibol Adulyadej yang akan berlangsung selama lima hari.

Ribuan pelayat berpakaian hitam, tanpa mengindahkan cuaca yang panas di siang hari dan hujan lebat pada malam harinya, mengantri masuk ke istana Dusit di mana mendiang raja itu disemayamkan. Mereka ingin menyampaikan salam perpisahan kepada raja yang dianggap sebagai simbol pemersatu itu.

Sekitar 250 ribu orang diperkirakan akan berjajar di jalan-jalan di sekitar istana di Bangkok itu untuk menyaksikan prosesi yang rumit tersebut. Upacara itu juga ditayangkan langsung televisi-televisi setempat.

Proses kremasi terhadap jenazah Bhumibol Adulyadej dijadwalkan berlangsung Kamis. Terkait rencana itu, pemerintah Thailand mengumumkan tanggal tersebut sebagai hari libur nasional.

Raja Bhumibol meninggal dunia 13 Oktober 2016 pada usia 88 tahun.

Bhumibol adalah raja kesembilan dari Dinasti Chakri. Dia memegang kekuasaan kerajaan paling lama di dunia, setelah resmi menduduki tahta Thailand pada 1946.

Selama 10 tahun terakhir masa hidupnya, kondisi kesehatan raja yang sudah berkuasa selama 70 tahun itu terus menurun. Dan pada tahun 2016, untuk pertama kalinya dokter meminta Raja Bhumibol "dibebaskan" dari tugas-tugas kenegaraan. [ab/uh]

XS
SM
MD
LG