Tautan-tautan Akses

Thailand: Berharap Menang Lotere dengan Usap Pohon Keramat


Seorang pria mengusap kulit kayu tua untuk mencari nomor lotere keberuntungan di kuil Wat Kunnatri Ruttharam di Bangkok, 1 November 2018.

Banyak cara dilakukan orang agar bisa menang Lotere. Di Thailand, para penggemar lotere mendatangi sebuah pohon tua yang dianggap keramat di sebuah kuil di tengah Kota Bangkok, untuk mendapatkan keberuntungan.

Ratusan orang berduyun-duyun menyambangi kuil Wat Kunnatri Ruttharam setiap pekannya untuk memberikan penghormatan kepada sebuah dahan pohon besar yang sudah mati, kantor berita Reuters melaporkan. Dahan itu dihiasi bunga-bunga dan sesajen dari para pendatang yang percaya menggosok kulit pohon itu bisa mengungkapkan nomor lotere yang menang.

Bisnis lotere yang dikelola negara sedang naik daun di kerajaan itu. Penjual lotere dengan mudah bisa ditemui di hampir setiap sudut jalan yang biasanya dikerumuni oleh pembeli yang menelisik bagan numerologi untuk memilih urutan paling beruntung.

Para pelanggan membeli lotere di luar kuil Wat Kunnatri Ruttharam di Bangkok, Thailand, 1 November 2018.
Para pelanggan membeli lotere di luar kuil Wat Kunnatri Ruttharam di Bangkok, Thailand, 1 November 2018.

Bisnis lotere milik negara menyumbang pendapatan negara sekitar 40,8 miliar baht atau IDR 13 triliun pada 2018, menurut data, pendapat tertinggi di antara badan usaha milik negara (BUMN) dan dua kali lipat dari pendapatan perusahaan energi negara PTT Pcl.

Salah satu pengunjung yang beruntung percaya bahwa dia menang 70.000 baht ($ 2.122,50) berkat pohon tersebut dan dia berkata pohon tersebut telah membawa keberuntungan sebelumnya.

"Saya telah memenangkan hadiah kecil sebelumnya dari pohon tersebut, saya pikir saat saya dalam situasi sulit pohon tersebut membantu saya," kata Pakapon Chummano, 54 tahun, seperti yang dikutip dari Reuters. [vp/ft]

XS
SM
MD
LG