Tautan-tautan Akses

AS

Texas Lampaui 1 Juta Kasus Covid-19


Seorang petugas mengenakan alat pelindung diri baru di fasilitas lantatur tes Covid-19 di El Paso, Texas, 26 Oktober 2020. (Briana Sanchez/The El Paso Times via AP)

Texas menjadi negara bagian pertama Amerika yang mencatat 1 juta kasus Covid-19 yang terkonfirmasi, pada Rabu (11/11). California berada pada urutan kedua.

Jumlah infeksi sebenarnya mungkin lebih tinggi karena banyak orang belum dites. Hasil penelitian menunjukkan orang dapat tertular dan tidak merasa sakit.

Sementara pandemi memburuk di seluruh Amerika, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (Centers for Disease Control and Prevention/CDC) merevisi panduan tentang penggunaan masker. Badan kesehatan federal itu pada Selasa (10/11) mengatakan, memakai masker tidak hanya melindungi orang lain tetapi juga orang yang memakainya.

CDC mengutip beberapa penelitian yang mengukuhkan bahwa "pemakaian masker secara universal" membantu mengendalikan penyebaran virus, termasuk satu penelitian yang melibatkan dua penata rambut yang memakai masker ketika menderita gejala. Hasil kajian mendapati, penata rambut itu tidak menularkan virus corona ke-67 pelanggan yang kemudian diberi tahu oleh pelacak kontak.

Menurut data dari Johns Hopkins University, Selasa (10/11), Amerika memimpin dunia dengan lebih dari 10,2 juta kasus total, termasuk lebih dari 136.000 kasus baru yang dilaporkan.

Amerika melaporkan lebih dari 1 juta kasus baru Covid-19 hanya dalam 10 hari pertama November, dengan rata-rata lebih dari 110.000 kasus baru setiap hari.

Covid-19 telah merenggut lebih dari 1,2 juta jiwa di seluruh dunia sejak kasus pertama yang tercatat pada Desember 2019. Menurut angka terbaru dari Johns Hopkins, lebih dari 51 juta kasus telah dikonfirmasi di seluruh dunia.[ka/pp]

Lihat komentar

XS
SM
MD
LG