Tautan-tautan Akses

Tesla Jual Atap Penangkap Energi Surya yang Mirip Atap Tradisional


Salah satu produk Tesla yaitu “Powerwall” yang diluncurkan tahun 2015 di Hawthorne, California (foto: AP Photo/Ringo H.W. Chiu)

Tesla, Inc. akan mulai menerima pesanan untuk atap rumah penangkap energi surya lewat situs web Tesla mulai hari Rabu depan.

Produsen mobil listrik, Tesla, telah menambah satu lagi produk di jajaran produknya: atap rumah penangkap energi surya.

Mulai hari Rabu, pelanggan dari seluruh dunia dapat memesan atap penangkap energi surya lewat situs web Tesla. Pemasangan akan mulai bulan depan di AS, mulai dengan negara bagian California. Pemasangan untuk wilayah di luar AS akan mulai tahun depan, ujar perusahaan tersebut.

Atap kaca tersebut diungkapkan oleh Tesla musim gugur tahun lalu persis sebelum penggabungan perusahaan dengan produsen panel surya SolarCity Corp. Mereka dirancang untuk tampak mirip seperti atap tradisional, dengan opsi tampilan mirip atap tanah liat. Atap penangkap energi surya mengandung sel-sel fotovoltaik yang tidak tampak dari jalan.

Jaminan seumur hidup rumah tinggal

CEO Tesla, Elon Musk, menyatakan satu dari kelemahan instalasi panel surya di rumah tinggal adalah panel surya itu sendiri: Mereka acapkali tampak canggung, mengkilap, dan terlihat buruk. Para pembeli bakal menginginkan atap buatan Tesla, ujarnya, karena atap itu terlihat sama bagusnya atau bahkan lebih bagus dari atap normal.

“Ketika anda memasang atap ini di rumah anda, anda akan menjadi pemilik rumah dengan atap terbaik di antara semua tetangga anda. Dari segi estetika atap ini terlihat begitu baik,” uja Musk melalui telepon konferensi dengan kalangan media.

Jaminan atap ini berlaku selama rumah tinggal masih berdiri, yang artinya lebih dari 20 tahun sebagaimana jaminan yang berlaku untuk atap normal, ujar Musk. Atap ini telah diuji di tengah siraman hujan es, kebakaran, dan terpaan angin sebagaimana pengujian yang dilakukan pada atap normal.

Situs web Tesla juga menyertakan kalkulator dimana calon pelanggan dapat memperkirakan biaya yang dibutuhkan untuk pemasangan atap penangkap energi surya berdasarkan ukuran rumah mereka, jumlah paparan sinar matahari yang diterima di kawasan rumah mereka dan pengurangan pajak federal. Mereka juga dapat menaruh jaminan $1.000 yang dapat diminta kembali agar mereka mendapat nomor antrian untuk pemesanan produk ini.

$42 per kaki persegi

Tesla menyatakan biaya pemasangan atap penangkap energi surya $42 per kaki persegi yang membuatnya jauh lebih mahal daripada atap biasa, dengan harga $17 per meter persegi atau atap dari aspal dengan harga sekitar $5 per meter persegi. Namun sebuah rumah hanya membutuhkan 30 hingga 40 persen atap penangkap energi surya, sedangkan sisanya adalah atap Tesla biasa, yang dipasang dengan kombinasi atap penangkap energi surya.

Biaya pemasangan atap penangkap energi surya sebesar $69.100 dengan konfigurasi 40 persenatap penangkap energi surya untuk sebuah rumah berukuran 2.600 kaki persegi di pinggiran kota Detroit, menurut situs web Tesla. Biaya di atas termasuk pemasangan Tesla Powerwall senilai $7.000, yaitu sebuah unit baterai yang menyimpan energi dari panel surya dan memasok kebutuhan listrik untuk rumah.

Pemasang atap tesla ini berhak mendapat pengurangan pajak federal senilai $15.500 dan akan menghasilkan pasokan tenaga listrik senilai $62.100 untuk jangka waktu 30 tahun. Selama periode tersebut, Tesla memperkirakan, pemilik rumah akan menghemat biaya sebesar $8.500.

Tesla menyatakan pemilik rumah pada umumnya dapat berharap untuk membayar $21.85 per kaki persegi untuk atap Tesla penangkap energi surya. Biaya tersebut dapat digabungkan ke pembayaran KPR dan dibayar selama masa cicilan, ujar perusahaan tersebut.

Tingkat penjualan diharapkan akan rendah pada awalnya

Musk tidak bersedia mengatakan berapa banyak pesanan yang akan diperoleh perusahaannya pada tahun ini. Ia mengharapkan tingkat penjualan pada awalnya akan rendah.

“Akan sangat sulit sekali dan butuh waktu lama, dan akan ada banyak hambatan di sepanjang jalan. Namun ini adalah satu-satunya visi masa depan yang paling masuk akal,” ujar Musk.

Tesla, Inc. yang berpusat di Palo Alto, California akan memproduksi atap penangkap tenaga suryanya di pabriknya yang terletak di Fremont, California pada awalnya. Namun berangsur-angsur seluruh proses produksinya akan berpindah ke pabrik gabungan Tesla dan Panasonic Corp. di Buffalo, New York. Panasonic menjadi produsen sel-sel fotovoltaik yang digunakan di atap penangkap energi surya tersebut.

Tesla menyatakan perusahaan itu akan mulai memasang peralatan produksi di pabriknya yang terletak di Buffalo dalam beberapa bulan ke depan. [ww]

XS
SM
MD
LG