Tautan-tautan Akses

Tertuduh Agen Rusia di AS akan Beri Pengakuan Bersalah


Maria Butina, saat berkampanye di Moskow, Rusia, 21 April 2013. (Foto: dok).

Seorang perempuan Rusia yang dituduh berkerja sebagai agen pemerintah Rusia untuk menjalin hubungan dengan kelompok lobi berpengaruh, Asosiasi Nasional Pemilik Senapan Amerika (NRA), dan menyusup lingkaran dalam Partai Republik diperkirakan akan menyampaikan pengakuan bersalahnya di pengadilan federal, Kamis.

Maria Butina didakwa Juli lalu telah bertindak sebagai agen Rusia tidak terdaftar dan melakukan konspirasi. Ia pada awalnya menyatakan dirinya tidak bersalah di pengadilan.

Sebagai bagian dari kesepakatan dengan tim jaksa penuntut untuk mengubah pengakuan tidak bersalahnya itu, perempuan berusia 30 tahun diperkirakan akan bekerjasama dengan mereka.

Butina diduga menjalin hubungan pribadi dengan aktivis NRA yang memiliki hubungan dengan NRA, Paul Erickson, dan hidup bersama dengannya. Butina juga terdaftar sebagai mahasiswa pasca sarjana di American University di Washington, di mana ia memperolah gelar master di bidang hubungan internasional sebelumnya tahun ini.

Departemen Kehakiman AS menuduh Butina agen rahasia Rusia yang menjalin hubungan dengan mata-mata Rusia dalam sebuah misi yang ditujukan untuk mempenetrasi lingkaran dalam pembuat keputusan nasional AS untuk memajukan agenda pemerintah Rusia. Departemen itu mengatakan, ia bekerja di AS di bawah pengarahan seorang mantan legislator Rusia yang dikenai sanksi olah Departemen Keuangan AS karena diduga memiliki hubungan dekat dengan Presiden Rusia Vladimir Putin. [ab]

XS
SM
MD
LG